Iklan

Adv

Tari Gedruk Kini Digandrungi Masyarakat Magelang dan Sekitarnya

Minggu, 01 Juli 2018, 7/01/2018 08:13:00 PM WIB Last Updated 2018-07-01T13:13:51Z
MAGELANG, harian7.com - Magelang kaya akan kesenian latar seperti Jatilan, Kuda Lumping, Soreng dan lainya. Salah satu yang kini sedang di Gandrungi masyarakat yakni kesenian Gedruk. Tetarian ini biasa di isi oleh puluhan orang baik pria maupun wanita dan di pentaskan di halaman rumah atau lapangan, mengenai kostum yang dipakai cukup menyeramkan yaitu memakai topeng berbentuk raksasa ( Buto).

Salah satu group Kompak Kreasi Budaya asal Dusun Kragilan, Desa Kaponan, Kecamatan Pakis ini sengaja mengikuti trend dimana warga saat ini menggandrungi kesenian yang satu ini, sebelumnya kesenian seperti Leak dan Brondut (kolaborasi Kobro Dangdut) juga sempat menghebohkan wilayah Magelang dan sekitarnya.
Salah satu penari mengalami trance (Kesurupan)


Menurut penuturan kordinator group ini,  Samsudin, (35) mengatakan, " Kami mengikuti dimana kesenian yang sedang trend di wilayah ini, seperti halnya yang kami suguhkan kepada masyarakat di tiap pementasan seperti tari Grasak Buto, topeng Ireng klasik, Buto Gedruk, Topeng Ireng Gedruk dan untuk menambah menariknya pentas kami, kita beri selingan lagu lagu Dangdut," terangnya kepada harian7.com, Minggu (01/07/18).

Suasana magis juga nampak dalam Setiap pementasan karena, " Sebelum pentas kita sediakannya sesaji berupa bunga dan dupa serta kelengkapan lainya, sebagian penari kadang mengalami trance ( kesurupan) dimana pemain di susupi roh ataupun Danyang yang mengikuti pemainnya," Pungkasnya. (Ady Prasetyo)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini