Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Maraknya Beredar Isu Pemutihan SIM, Satlantas Polres Salatiga Tegaskan Itu Berita HOAX

Redaksi
Rabu, 04 April 2018, 19:56 WIB Last Updated 2018-04-04T17:43:15Z
Salatiga,harian7.com - Beredarnya pesan berantai yang bertuliskan ada pemutihan  SIM, di pastikan pesan tersebut adalah Hoax atau berita bohong. Jadi masyarakat di himbau untuk mengabaikan saja.

Pesan berantai yang beredar tersebut bertuliskan :

ADA PEMUTIHAN SIM..Yg MATI.. Untuk Gol : (SIM, A, B, C) di POLWIL/Polres Masing 2 Daerah.
Berlaku Mulai Tgl 2-07 April 2018..
TOLONG.. di BANTU Share ya..
Agar yang MEMILIKI SIM Mati Bisa di Perbarui Tanpa MENGULANG Tes Tulis & praktek Lagi..
Berlaku di Seluruh indonesia..

Kasatlantas Polres Salatiga  AKP Tri Wahyuningsih melalui Bagian Urusan (Baur SIM) AIPDA Joko Prasetyo S.H., mengatakan, pengumuman itu tidak benar. Menurutnya, polisi selalu berpatok pada UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 27ayat 2, dan untuk perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya habis.

“Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan selalu menjadi pedoman dan patokan kami,” ujar Aipda Joko Prasetyo S.H., kepada harian7.com, Rabu (4/3/2018).

Lanjut AIPDA Joko Prasetyo S.H., selain itu Polisi juga berpedoman pada Perkap No 9 tahun 2012, Pasal 28 ayat 2 dan 3.

Dirinya menjelaskan, sudah sejak beberapa hari ini di ketahui beredar baik pesan berantai ataupun postingan di dunia maya. Mengenai hal tersebut kami himbau kepada masyarakat untuk tidak gampang mempercayai terhadap kabar atau isu yang tidak jelas sumbernya.

AIPDA Joko Prasetyo S.H., meminta, masyarakat harus selalu berhati-hati dalam membaca suatu berita.

“Jangan gampang percaya akan kabar yang beredar. Harap berhati-hati jika  menerima ataupun meneruskan suatu berita atau pesan yang belum pasti kebenarannya,” imbaunya.

Ia menegaskan, tidak ada kebijakan untuk pemutihan SIM, jadi untuk mekanismenya sesuai ketentuan yang sudah ditentukan.

"Sekali lagi saya tegaskan tidak ada kebijakan mengenai pemutihan SIM, jadi bagi masyarakat jika masa berlaku SIM hampir habis untuk segera mengurus perpanjangan. Karena jika masa berlakunya habis, maka harus kembali mengikuti proses awal seperti pembuatan SIM baru. Dan itu berlaku semua golongan SIM,"tandasnya.(M.Nur)

Iklan