UCAPAN RAMADHAN

Iklan

Adv

Bandungan Siaga I, Polisi Pastikan Kondisi Aman

Minggu, 08 April 2018, 4/08/2018 12:22:00 AM WIB Last Updated 2018-04-07T18:43:57Z
Ungaran,harian7.com - Polres Semarang memastikan kondisi di kawasan Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang sudah kondusif usai penggerudukan ratusan orang anggota Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Semarang di sejumlah tempat karaoke di Bandungan, Kabupaten Semarang.

Seperti di beritakan sebelumnya, Ketua Umum MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Semarang, Dr H Endar Susilo SH MH menyatakan, rencananya Sabtu (7/4) malam , ribuan anggota PP tetap akan mendatangi atau mengunjungi Bandungan. Tujuannya untuk refreshing atau menikmati hiburan malam Minggu dan bukan untuk melakukan aksi premanisme. Bahkan, PP tidak mempermasalahkan jika Bandungan ‘Siaga I’, itu hak mereka juga.
Anggota Satpol PP saat gelar apel.

Kapolsek Bandungan Iptu M Budiyanto mengatakan, hingga saat ini kawasan Bandungan situasi aman dan kondusif. Kapolsek Bandungan berpesan, agar masyarakat untuk tetap melakukan aktifitas seperti biasa dan percayakan keamanan pada Polri dan TNI dan tentu saja atas dukungan dan kerjasama seluruh lapisan masyarakat  demi terwujudnya rasa aman masyarakat di kabupaten semarang, khususnya wilayah Bandungan.

"Alhamdulillah situasi di Bandungan kondusif sampai sekarang. Saat ini nggota kami tetap berpatroli untuk antisipasi adanya tindak kejahatan. Dalam kegiatan malam ini di pimpin langsung oleh bapak Kapolres,"kata IPTU Budiyanto kepada harian7.com, Sabtu (7/4/2018) malam.

Sementara Kasubbag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi saat di konfirmasi harian7.com mengatakan, Untuk warga tidak perlu khawatir dan tetap tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa.

"Warga khususnya di wilayah Bandungan saya himbau tetap tenang dan beraktifitas seperti biasa. Semisal terjadi sesuatu  hal yang meresahkan silahkan langsung menhubungi polisi, kita jaga kondisi wilayah tetap aman  dan tenteram,"terang AKP Teguh.

Lanjut AKP Teguh, situasi saat ini hingga pukul 23.30 WIB masih kondusif dan normal serta tidak ada yang menampakkan dengan uniform. Diharapkan sikon tetep kondusif , karena di jalur masuk ambarawa diadakan operasi cipkon.

"Situasi aman dan setiap akses jalan masuk ke wilayah Bandungan kita gelar operasi cipkon dan saat ini kita masih siaga  di pos masing-masing,"tandas AKP Teguh.
Warga Bandungan berjaga di setiap sudut di kawasan Bandungan.

Terpisah, Yuda seorang warga sekitar saat konfirmasi harian7.com mengatakan, suasana Bandungan Sabtu (7/4/2018) sempat tegang karena adanya kabar ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang yang berencana akan geruduk kawasan Bandungan. Warga menyikapi dengan menggelar pengamanan disejumlah tempat hingga subuh nanti.  Pengamanan kawasan wisata juga diperkuat dari TNI /Polri dan Satpol PP sebanyak 300 personil.

"Sebelumnya ada ratusan ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang geruduk sejumlah tempat karoke.  Lalu mereka mengatakan akan melakukan aksi lagi sabtu ini, jadi kami siaga," kata Yuda.

Menurut Yuda aksi pemuda pancasila sebelumnya mendatangi sejumlah tempat karaoke di Bandungan yang tentunya membuat masyarakat ketakutan dan  sempat membikin macet serta membuat takut para wisatawan.

"Ormas semestinya membantu masyarakat. Karena dengan adanya kabar ribuan masa akan geruduk wilayah Bandungan membuat masyarakat takut, sehingga membuat ekonomi masyarakat menurun karena  pengunjung pada takut ke sini, " imbuhnya.

Hasil pantauan, ribuan masa dari sejumlah elemen di Bandungan,  nampak berjaga di masing masing tempat usahanya. Selain itu massa juga berjaga di jalan masuk menuju kampung.  Warga juga berbaur dengan ratusan aparat bersenjata lengkap yang menjaga bandungan.

"Aksi solidaritas warga mengamankan bandungan sangat wajar,  karena mereka merasa terganggu dengan aksi ormas tersebut, " kata ketua Asosiasi Karaoke Bandungan (Akrab) , Pristyono Hartanto kepada harian7.com.

Lanjut Pristyono, Kendati ada kabar yang menyebutkan jika ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang yang akan kerahkan ribuan masanya ke  Bandungan. Namun tingkat kunjungan Wisatawan masih normal tidak terlihat penurunan yang signifikan.  Hal ini dikarenakan kesadaran warga Bandungan bersama-sama menjaga kondusifitas keamanan masyarakat.

"Karena sebagian besar warga bergantung dari wisata Bandungan. Dari pekerja hingga pengusaha wisata, serta petani dan pedagang sayur," ujar penggiat wisata Bandungan, Pristyono Hartanto di Bandungan, Kabupaten Semarang, Sabtu (7/4/2018) malam.

Daya tarik wisata Bandungan luar biasa, karena salah satu penopang Pendapatan Daerah Kabupaten Semarang sektor jasa wisata dan pertanian. Serta menggerakkan puluhan ribu orang yang bergantung dari sektor wisata.

"Secara otomatis warga melonjak adanya aksi ormas yang merugikan warga dan aparat keamanan akan menjamin kenyamanan wisatawan berada di Bandungan," ungkapnya.
Seperti pada Sabtu dan Minggu jumlah wisatawan masih banyak yang datang. Tingkat okupansi penginapan dan karaoke pun masih tinggi. Wisata keluarga seperti Umbul Sido Mukti , Bandungan dan Gedong Songo juga masih ramai didatangi.

 "Karena wisatawan sadar bahwa negara ini berlandaskan hukum sehingga sertiap aksi premanisme pasti akan berjadapan dengan hukum,"pungkasnya.
Foto bersama anggota Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang, seusai rapat rutin di Balai Desa Gentan,Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang.

Secara terpisah Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang Dr H Endar Susilo SH,MH saat di konfirmasi harian7.com mengatakan,  malam tadi (Sabtu 7 April 2018) sejak pukul 20.00 WIB sedang memimpin rapat rutin Pengurus MPC Kabupaten Semarang  yang sudah di agendakan sebelumnya dan dilaksanakan di Balai Desa Gentan, Kecamatan Susukan, Kabupaten  Semarang.

"Kami sedang mengadakan rapat rutin mas dan dalam rapat tersebut juga turut di hadiri dua anggota Polsek Susukan dan satu anggota Koramil Susukan. Seusai acara kami lanjut makan dan berfoto bersama,"terang Endar saat di konfirmasi harian7.com via seluler, Minggu (8/4/2018) dini hari.

Lebih lanjut Endar menyampaiakan, untuk agenda berkunjung ke kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang, ia menyampaikan, "jika dalam waktu dekat ini kami Pemuda Pancasila Kabupaten Semarang  tetap akan ada agenda ke Bandungan,"Tegasnya.(M.Nur/Shodiq)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini