Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Tanggul Sungai Jebol, Dua Desa di Kecamatan Tambakromo Kebanjiran

Redaksi
Kamis, 08 Maret 2018, 20:24 WIB Last Updated 2018-03-08T13:24:05Z
Warga bersama tim gabungan saat bersihkan lumpur.
PATI, harian7.com – Bencana banjir kembali menimpa warga dua desa di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Kamis (8/3) dinihari. Kedua desa itu adalah Desa Angkatan Lor dan Desa Angkatan Kidul yang wilayahnya saling berdekatan terkena jebolnya tanggul sungai Desa Angkatan Kidul Kecamatan Tambakromo.
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pati, Sanusi menyatakan, bahwa tanggul yang jebol itu berukuran 2 meter x 3 meter dan air yang meluap menyebabkan pemukiman warga dua desa terendam banjir mencapai ketinggian hingga 50 cm. Hingga Kamis (8/3) siang, air mulai surut namun menyisakan tumpukan material lumpur yang tebal.
“Akibat tanggul yang jebol itu, dua desa yang berdekatan menjadi korban banjir. Air yang meluap masuk ke pemukiman warga mencapai ketinggian 50 cm,” kata Sanusi kepada wartawan di Desa Angkatan Kidul.
Sedangkan, Kapolsek Tambakromo, AKP Wasito menyatakan, bahwa pihaknya bersama warga serta TNI bergotong royong menyingkirkan endapan lumpur yang menutup akses jalan-jalan perkampungan itu. Bahkan, lumpur tersebut memasuki pemukiman warga hingga menyebabkan warga harus menyingkirkan peralatan rumah tangganya.
“Tanggul yang jebol itu, diduga tidak kuat menahan derasnya aliran air akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Tambakromo sejak beberapa hari ini. Selain itu, karena derasnya aliran air dari wilayah pegunungan Kendeng Utara,” tandas AKP Wasito. (Tri Widodo )

Editor : Heru S

Iklan