Iklan

Iklan

,

Iklan

Siswa SD Muhammadiyah Plus Latihan Padamkan Kebakaran

Redaksi
Jumat, 24 Februari 2017, 04:37 WIB Last Updated 2017-02-23T21:37:14Z
Saat latihan pemadaman ringan berlangsung.
SALATIGA, harian7.com – Sebanyak 145 siswa SD Muhammadiyah Plus Salatiga mengikuti pelatihan pemadaman kebakaran ringan di Lapangan Kembang Arum, Kelurahan Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kamis (23/2). Kegiatan outing class ini atas kerjasama dengan Bidang Kebakaran pada Dinas Satpol PP Kota Salatiga.
Imam Wahyu, Staf Pemadam Kebakaran menyatakan, bahwa dalam pemadaman itu jangan takut jika ada kebakaran ringan. Kebakaran ringan misalkan kompor meledak dan yang perlu disiapkan adalah kain atau karung basah yang diperkirakan bisa menutupi api. Lalu, ikuti arah angin bertiup, tutup api dengan karung basah tadi. Jika asap sudah muncul dari sela-sela kain basah maka dipastikan api telah padam.
“Praktek pemadaman ini, dinilainya berhasil karena para anak didik sangat antusias melakukannya. Saya cukup senang karena siswa cepat menangkap materi pelatihan, harapan kami mereka bisa mengatasi kebakaran ringan yang dijumpai,” kata Imam Wahyu.
Suharwono, salah seorang guru mengatakan, kegiatan outing class ini rutin digelar tiap semester. Peserta kegiatan, seluruh siswa kelas 3, dan sekarang ini merupakan outing class yang kedua tahun ajaran 2016-2017 dan memilih mengundang pemadam kebakaran.

Tujuannya adalah agar bisa menumbuhkan keberanian kepada anak-anak saat menjumpai kebakaran api ringan. Selain itu mengenalkan tugas pamadam kebakaran beserta peralatan yang mereka miliki kepada anak didik,” kata Suharwono. (Heru/M.Nur)

Iklan