Iklan

Adv

Kenikmatan Balado Jengkol Bikin Ketagihan, Berikut Cara Memasak Balado Jengkol Ala Bunda Muza

Minggu, 05 Januari 2020, 1/05/2020 05:06:00 PM WIB Last Updated 2020-01-05T10:09:01Z
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Apa kabar sahabat Bunda Muza, sudah lama Bunda tidak menulis artikel karena banyak kesibukan. So biasa kesibukan emak-emak tentunya aktifitas rumah tangga.hemm langsung aja ya.. kali ini Bunda Muza akan berbagi tips cara memasak jengkol agar empuk dan nikmat. Lebih tepatnya belajar masak bareng ya sahabat Bunda Muza yang baik hati. Jadi pembaca setia nanti bisa tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar ya.. Ups.. komentarnya yang sopan dan bijak, ya..?

Seperti kita ketahui, jengkol mempunyai aroma yang menyengat, namun jika diolah dengan benar maka bisa menjadi hidangan yang lezat dan bisa menggugah selera. Nah.. Salah satunya yang sering kali kita temui olahannya yakni jengkol balado, khas rasanya perpaduan antara pedas dan legitnya jengkol membuat kita ketagihan.

Nah..... Soal aromanya yang menyengat, sahabat Bunda Muza tak perlu khawatir. Jika pengolahan yang tepat, maka bau jengkol akan berkurang, namun tetap lezat. Nah apa saja sih yang harus disediakan dan resep - resepnya.

Berikut Bahan-bahannya:


400 g jengkol yang sudah tua.
Air, untuk merebus jengkol.
2,5 sendok makan minyak untuk menumis.
1,5 sdt garam.
4 lembar daun salam.
1 batang serai.

Sediakan bumbu halus:

6 siung bawang putih.
9 siung bawang merah.
6 buah cabai merah besar.
16 buah cabai rawit merah.
4 cm kunyit.
60 g gula merah.

Selanjutnya cara memasaknya, pertama tama rebus air hingga mendidih, lalu masukkan jengkol dan rebus hingga lembut, lalu angkat dan kupas kulitnya dan langsung di memarkan hingga tipis, agar nanti saat di olah empuk.

Baca juga:
Kertonyono Medot Janji, Berikut Chord Kunci Gitarnya

Setelah itu, haluskan bawang merah,bawang putih, cabai rawit merah, cabai merah besar , gula merah  dan kunyit. Setelah dihaluskan, selanjutnya tumis bumbu bersama daun serai dan salam hingga harum.

Lalu, tambahkan sedikit air diam kan kira kira 5 menit, lalu masukan jengkol dan Bumbui dengan lada, garam, gula dan garam.  Setelah itu aduk - aduk hingga merata. Setelah merata tunggu hingga jengkol benar-benar matang dan empuk, setelah itu  angkat. Hmmmm.... jengkol balado siap disajikan dan disantab. (Muza)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini