Iklan

Iklan

,

Iklan

 


BBWS Citanduy Gelar Sosialisasi PSETK

Kamis, 05 Desember 2019, 17:28 WIB Last Updated 2019-12-05T10:28:45Z
Cilacap, Harian7.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy sosialisasi penyusunan Profil Sosial Ekonomi Teknis dan Kelembagaan (PSETK) daerah irigasi Menganti wilayah saluran irigasi Cihaur.

Sosialisasi dengan narasumber Konsultan PT Tegallega Jaya, Tedy Rifai, ST ini digelar Rabu, (04/12/2019) di Pendopo Kecamatan Kawunganten dihadiri Danramil 09/Kawunganten yang diwakili Serma Mustadi, unsur Forkopincam Kawunganten, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap diwakili Kordinator BP Pertanian Kampunglaut, Liwon, Kepala BBWS Citanduy diwakili Pelaksanaan PPKPP Satker BBWS Citanduy, Taufik Ismail, ST, Ketua P3A beserta Ketua Gapoktan di wilayah Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Gandrungmangu dan Kecamatan Kampunglaut.

Selain itu, hadir juga GP3A wilayah Cihaur, PPL Pertanian Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Gandrungmangu dan Kampunglaut, Mantri Pengairan wilayah saluran induk Cihaur 2 dan Perwakilan tokoh masyarakat Kecamatan Kawunganten.

Dalam sambutannya, Camat Kawunganten melalui Sekcam Wawan Mardiono, S.STP., M.Si mengucapkan terimakasih kepada BBWS Citanduy yang telah memberikan kesempatan untuk sharring dalam rangka penyusunan PSETK, sehingga diharapkan menjadi solusi untuk memecahkan semua permasalahan di wilayah 4 Kecamatan.

"Intinya adalah menggunakan prosedur bila terjadi permasalahan dengan selalu berkordinasi dengan pemangku kebijakan yaitu BBWS," katanya.

Sementara, Kepala Kepala BBWS Citanduy melalui pelaksana PPKPP, Taufik Ismail, ST menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan pekerjaan jasa konsultansi pada pejabat pembuat komitmen perencanaan dan program Satker BBWS Citanduy yang dilaksanakan PT Tegallega Jaya pada pekerjaan penyusunan PSETK daerah irigasi menjadi kewenangan Pusat.

Konsultan PT Tegallega Jaya, Tedy Rifai, ST juga turut menjelaskan bahwa sasaran kegiatan ini yaitu terselenggaranya penyusunan PSETK dalam rangka PPSI yang dapat menyediakan data dan informasi aktual, akurat secara tepat untuk penyusunan rencana kerja tahunan dan jangka panjang melalui prinsip PSETK diantaranya partisipatif, sensitif gender dan kemandirian serta indikator pada aspek sosial, ekonomi, teknis dan aspek kelembagaan.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyusunan PSETK daerah irigasi Menganti yang di pandu dari konsultan PT Tegallega Jaya. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melaksanakan diskusi terkait sosial ekonomi, teknik irigasi, kelembagaan, usaha tani, potensi sumber daya lokal dan pembinaan pendampingan partisipasi perempuan dalam irigasi pertanian. (Rusmono)

Iklan