Adv

Bandungan Macet Parah, Rest Area Solusi Urai Kemacetan

UNGARAN,harian7.com – Kemacetan kawasan wisata Bandungan di Kabupaten Semarang,  semakin hari kian parah. Maka untuk meminimalisir terjad...

UNGARAN,harian7.com – Kemacetan kawasan wisata Bandungan di Kabupaten Semarang,  semakin hari kian parah. Maka untuk meminimalisir terjadinya kemacetan, selain itu melebarkan jalan dan membuat jalan alternative, solusi paling efektif adalah dengan membangun kantong parkir atau rest area untuk bus wisata di jalur sebelum masuk ke Bandungan. Sehingga tidak ada bus besar naik sampai di ‘jantung’ wisatanya Bandungan yang menyebabkan kemacetan semakin parah.

M. Ali salah satu orang pemilik biro wisata mengatakan, jika kondisi kemacetan kian parah lambat laun Bandungan bakal ditinggalkan wisatawan. Saat ini saja, sejumlah biro perjalanan wisata sudah menghindari untuk menjual wisata di kawasan Bandungan dengan alasan waktu habis karena kemacetan lalulintas.

“Kemacetan Bandungan semakin parah mas. Dari pasar Bandungan menuju ke Gedongsongo saja butuh waktu 2 jam. Kalau pulang pergi bias 4 jam, waktunya bias habis di Bandungan. Itu yang membuat kami kerap mengalihkan tujuan wisata ke kawasan lainnya. Kecuali memang wisatawanya meminta harus ke Bandungan, maka kami jelaskan kondisinya kemacetanya,” ujarnya.

Senada disampaikan Samani, 40, ketua Koperasi Transportasi Andara Vista, bahwa pemerintah sudah saatnya melakukan penataan di kawasan wisata Bandungan. Mulai dari pelebaran jalan, pembuatan jalan alternative dan penataan transportasi wisata di kawasan Bandungan. Dia berharap penataan transportasi wisata di Bandungan tujuannya agar wisatawan jadi lebih nyaman dan aman.   

“Solusi terbaik dengan dibangunnya area parkir bus wisata sebelum masuk ke Bandungan. Bus wisata parkir sebelum masuk ke Bandungan. Jadi tidak ada kenadaraan besar masuk ke kawasan Bandungan, karena menjadi salah satu penyebab kemacetan. Bahkan resiko terjadi kecelakaan karena jalan sempit, berkelok dan menanjak serta menurun,” ujar Samani yang akrab di sapa Ambon.

Menurut Ambon, rest area untuk parkir bus wisata sangat penting seperti rest area di ruas Gamasan Bandungan yang dikelola PT Lintas Ratna Gemilang cukup representative. Sebab mampu menampung 16 bus dan memiliki 20 toilet dan musola serta pusat kuliner dan oleh-oleh Bandungan. Selain itu juga ada rest area di pool Citra Dewi yang ada di Jetis. Keberadaan rest area tersebut selain dapat mengurangi kemacetan juga dapat menghidupi sejumlah angkutan wisata yang selama ini ada dari berbagai paguyuban. Sebab pelebaran dan pembangunan jalan alternative yang belum jelas kapan akan dilaksanakan, sehingga rest area atau kantong parkir menjadi salah satu solusi cegah kemacetan.

“Jika semua bus wisata masuk rest area yang dikelola pemerintah dan swasta, maka angkutan yang jumlahnya ratusan bias hidup kembali. Sebab dapat orderan mengangkut wisatawan dari rest area menuju ke tujuan wisata. Bahkan warung dan kios oleh-oleh milik warga di rest area ikut dapat rejeki kelarisan daganganya,” imbuhnya.

Senada di sampaikan Rochimin alias Mimin ketua Paguyuban Angkutan SKGR, jika ada aturan bus wisata harus parkir di sejumlah kantong parkir yang berada sebelum masuk kawasan Bandungan menjadi harapan baru bagi awak angkutan yang selama ini sepi penumpang.

“Jika benar nantinya ada aturan seperti itu, tentu kami selaku awak angkutan wisata sangat senang sebab jadi banyak orderan,” ungkapnya.

Menurut Mimin, sebenarnya banyak kru bus yang senang karena bisa istirahat di rest area tanpa harus kena macet hingga berjam-jam. “Dari pada kena macet mending istirahat di rest area,” katanya.

Semantara itu Manajer Rest Area Bandungan, Guntoro mengatakan, keberadaan rest area Bandungan menjadi salah satu solusi untuk nyaman berwisata di Bandungan. Sebab bus besar parkir di rest area di gantikan shuutle bus yang masuk ke jalur alternative menuju ke kawasan wisata. 

“Kami sediakan kabin istirahat kru bus lengkap dengan makan dan minum gratis. Wisatawan juga bisa belanja kuliner dan oleh-oleh khas Bandungan. Wisatawan bisa memanfaatkan 20 Toilet, musola dan food court, ada juga live music,” imbuhnya.

Bahkan menurut Guntoro, rest area Bandungan menawarkan kemudahan, kenyamanan dan murahnya berwisata. Sebab parkir luas dapat menampung 16 bus besar, fasilitas lengkap serta dapat sekaligus membeli tiket wisata yang ada di seluruh Kabupaten Semarang.

“Kami melayani tiket sejumlah tempat wisata yang sudah bekerjasama dengan diskon hingga 15 persen. Selain itu kami juga siapkan shuttle bus yang siap mengantar ke tujuan wisata. Kalau mau pesan tinggal telepon atau whatsapp saja di nomor ini 081807331798,” pungkasnya.(Pris/M.Nur)

COMMENTS

Adv

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,6,BERITA DAERAH,67,BERITA FOTO,18,BERITA TERKINI,3362,BIRO KEDU,47,BISNIS,17,BLORA,21,BOYOLALI,22,Budaya,21,CILACAP,315,DEMAK,3,EKONOMI,2,EKONOMI DAN BISNIS,19,FINANCE,7,GAYA HIDUP,25,HARIAN NASIONAL,32,harian7@mail.salatiga,1,HARIAN7HOTNEWS,2,HEALTH FINANCE NEWS,10,HIBURAN,31,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INFO HAJI 2019,16,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,4,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,32,JATIM,4,JAWA TIMUR,2,JOGJA,19,KABAR DESA,17,KABAR PILKADA,35,KABAR PILPRES 2019,1,KABAR POLISI,549,KABAR SUMATRA,2,KABAR TNI,131,KABAR TNI POLRI,34,KENDAL,9,KOMUNITAS,2,KRIMINAL,283,KUDUS,6,KULINER,25,LAKA LANTAS,3,Life Style,26,MAGELANG,481,MATA KAMERA,10,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,236,NEWS,7967,NEWS FOTO,19,NTT,6,OLAHRAGA,20,OPINI,1,PANTURA,3,PEMILU,23,PENDIDIKAN,120,PERISTIWA,358,PILPRES,27,POLITIK,216,Purwodadi,2,REGIONAL,6,SALATIGA,2776,SELEB,16,SEMARANG,846,SLEMAN,1,SOLO RAYA,57,SOSIALITA,1,SOSOK,8,SPORT,5,SUARA JABAR,76,Suara Jatim,8,SUARA PANTURA,2,SULAWESI,282,SUMUT,12,TANYA BUNDA MUZA,3,TEMANGGUNG,145,TIPS BUNDA MUZA,4,UNGARAN,1743,VIDEO,34,WARTA PEMBACA,25,WISATA,9,WONOSOBO,6,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Bandungan Macet Parah, Rest Area Solusi Urai Kemacetan
Bandungan Macet Parah, Rest Area Solusi Urai Kemacetan
https://1.bp.blogspot.com/-nGlFMNoGZbw/XbAK9b8f-zI/AAAAAAAAgAE/IWFw1R_X0OMGmlAI2e4Ri1WrEqTrI8jlQCLcBGAsYHQ/s400/photo%2B239%2B15-1-44.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-nGlFMNoGZbw/XbAK9b8f-zI/AAAAAAAAgAE/IWFw1R_X0OMGmlAI2e4Ri1WrEqTrI8jlQCLcBGAsYHQ/s72-c/photo%2B239%2B15-1-44.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2019/10/bandungan-macet-parah-rest-area-solusi.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2019/10/bandungan-macet-parah-rest-area-solusi.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy