Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Kodim 0703/Cilacap Gelar Lomba Train Naga, Layang-layang dan Mewarnai

Senin, 16 September 2019, 17:07 WIB Last Updated 2019-09-16T10:07:23Z
Cilacap, Harian7.com - Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 74 dan menyambut HUT TNI ke 74 tahun 2019, Kodim 0703/Cilacap gandeng Paguyuban Pelangi Kabupaten Cilacap gelar lomba Train Naga, Layang-layang dan mewarnai gambar serta Bazar UMKM.

Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif yang digelar Kodim 0703/Cilacap di Area Pantai Teluk Penyu Cilacap, Minggu (15/09/2019) diikuti 60 klub Train Naga dan 136 layang-layang.

Selain dari Kabupaten Cilacap peserta Train Naga juga diikuti dari wilayah lain seperti dari wilayah Jogyakarta, Solo, Purworejo dan Magelang. Sedangkan untuk lomba layang-layang, mewarnai, workshop diikuti oleh peserta dari wilayah Cilacap.

Berbagai lomba yang disponsori Biznet, Oppo, Immo, PT ASS Jakarta, Bank Gunung Slamet, PDAM Cilacap, Hotel Daffam Cilacap, Yess Radio FM, Direktorat Jenderal Pajak Cilacap, PT Trisaka, Pabrik Es Saripetojo Cilacap, BKK Cilacap dan PT Bintang Putra Medika untuk memperebutkan Tropy Dandim Cilacap Cup 2019, Cilacap Kite Exhibilitions Ke 22.

Dalam laporannya, Ketua Panitia dari Paguyuban Pelangi Cilacap Suprianto, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksanannya acara lomba layang Layang Train Naga, mewarnai layang-layang dan membuat layang-layang, dalam rangka peringatan HUT Ke-74 TNI dan HUT Ke-69 Kodam IV/Diponegoro.

Selaku Ketua Panitia dan atas nama Paguyuban Pelangi layang layang Kabupaten Cilacap, Suprianto mengharapkan adanya tempat sebagai monumen layang layang yang sudah tidak layak di terbangkan.

"Kami dari Paguyuban Pelangi siap mendukung dan meramaikan obyek wisata Teluk Penyu Cilacap kedepannya," tandasnya.

Sementara Dandim 0703/Cilacap dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menjelaskan bahwa kegiatan Festival layang layang di Pantai Teluk Penyu Cilacap merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu menjadi hiburan bagi wisatawan dan warga sekitar.

"Festival ini bukan hanya menyajikan pemandangan berbagai jenis layangan di angkasa, lebih dari itu akan ada banyak program lainnya untuk wisatawan dan warga Cilacap," kata Dandim.

Dengan adanya kegiatan ini Dandim optimis akan mendatangkan wisatawan ke Cilacap bisa terealisasi, wisatawan datang bukan hanya melihat keindahan alam tapi juga menyaksikan layang-layang besar menghiasi langit Cilacap.

 "Tujuan dari festifal ini untuk menjalin komunikasi sosial yang sehat, harmonis dan melalui tali silaturahmi TNI, Polri, Dinas intansi dan masyarakat Cilacap," jelas Dandim.

Ditemui usai acara pembukaan, Ketua Penyelenggara, Kasdim 0703/Cilacap menjelaskan bahwa lomba yang digelar Kodim 0703/Cilacap ini untuk melestarikan budaya permainan yang sebelumnya merupakan permainan anak-anak.

"Adapun peserta Train Naga selain komunitas dari wilayah Kabupaten Cilacap, juga berasal dari daerah Jogja, Solo, Purworejo dan Magelang," kata Kasdim.

Lebih lanjut Kasdim menjelaskan Train Naga adalah sebuah layang-layang yang menggambarkan seekor naga yang terbang di udara, dimana dalam penerbangannya membutuhkan tenaga atau power yang cukup besar.

"Untu peserta Train Naga kurang lebih ada 60 klub dan untuk lomba layang-layang ada 136 peserta," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan