Iklan

Iklan

,

Iklan

Awal Tahun 2020 Pemerintah Pastikan Bandara di Kediri Mulai Dibangun, Target Akhir 2021 Selesai

Redaksi
Senin, 02 September 2019, 04:01 WIB Last Updated 2019-09-01T21:07:14Z
Jakarta,harian7.com - Pemerintah merencanakan akan memulai pembangunan bandar udara (bandara) di Kabupaten Kediri, Jawa Timur pada awal tahun 2020, dan diharapkan akan selesai pembangunannya pada akhir 2021 mendatang.

“Peletakan batu pertama kita berharap harus boleh nanti Januari tahun depan (2020), kita sudah mundur satu tahun. Jadi kalau nanti kita mulai Januari tahun depan saya pikir 2021 akhir akan selesai seperti Bandara Kulon Progo,” kata Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja berkunjung ke Kediri, Jawa Timur, Sabtu (31/8/2019) kemarin.

Luhut menjamin pemerintah akan memberikan yang terbaik dan tidak akan merugikan masyarakat. “Tidak ada yang bermaksud merugikan bapak-ibu sekalian, pasti akan memberi nilai tambah karena itu perintah dari Presiden untuk memberikan yang terbaik terhadap rakyat,” tegasnya.

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa bandara di Kediri, Jawa Timur, itu pasti dibangun karena sudah dijadikan proyek strategis nasional.

“Saya pastikan bandara ini jadi dibangun, apalagi telah melalui proses panjang dan sudah dijadikan proyek strategis nasional,” kata Menhub.

Menhub yakin dengan dibangunnya bandara maka hal ini akan memberikan dampak yang sangat positif tidak hanya meningkatkan konektivitas tapi bandara ini juga akan berdampak bagi perkembangan suatu daerah tidak terkecuali bagi masyakatnya.

“Apabila ini menjadi bandara maka daerah sekitar nanti akan tumbuh menjadi suatu daerah pusat keekonomian baru disitu ada industri, kuliner, ada pariwisata, dsb,” ujar Menhub.

Selain dampak sosial dan ekonomi, Menhub menyebut dengan dibangunnya bandara di Kediri ini nantinya akan dapat membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

“Di Kulonprogo kita membangun hanya dua tahun. Begitupun Bandara Kediri, dalam kesempatan yang Insya Allah kita lakukan awal tahun depan itu tidak lebih dari dua tahun kita selesaikan. Banyak kesempatan bekerja bagi bapak-ibu sekalian di pembangunan dan yang lebih luar biasa lagi pada saat bandara berhasil dibangun kesempatan kerja itu banyak sekali,” ungkap Menhub.

Selain Menko Kemaritiman dan Menteri Perhubungan, menteri yang ikut dalam kunjungan kerja itu adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo yang juga hadir menyampaikan sejumlah program prioritas yang akan dilaksanakan bagi masyarakat Kabupaten Kediri.

Sementara Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Kediri Haryanti Sutrisno juga turut hadir guna mendorong percepatan pembangunan bandara di Kabupaten Kediri ini. (Yuan/Humas Kemenhub/ES)

Iklan