Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Tabuh Kentongan Awali Grand Opening Sumowono Bamboo Garden

Redaksi
Minggu, 04 Agustus 2019, 20:47 WIB Last Updated 2019-08-04T13:47:25Z
Ungaran,harian7.com - Sebuah tempat wisata baru kembali hadir di wilayah Kecamatan Sumowono tepatnya di Kaloran KM 44+500 Ds Garon RT 01 RW 02 Desa Candi Garon Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang.

Dengan menempati lahan seluas 1,4 ha, Sumowono Bamboo Garden yang berdiri megah di kaki gunung Ungaran resmi dibuka pada Minggu ( 4/8/2019 ).

Menurut Ir. Ricyanto Chandra, owner sekaligus konseptor Sumowono Bamboo Garden, tema bambu sengaja dipilih lantaran bambu selain memiliki keindahan yang luar biasa juga sangat bermanfaat mulai dari akar, batang dan daunnya.

"30 tahun lalu saya mendirikan perusahaan mebel dari bambu. Lalu saya melihat tempat ini dengan pemandangan yang luar biasa tetapi belum dikelola dengan baik. Hanya kebun yang tidak teratur. Dari situlah saya berkeinginan mendirikan Sumowono Bamboo Garden ( SBG ) ini," papar Ricyanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Ricyanto menuturkan bahwa  misinya adalah menanam berbagai jenis bambu sebanyak-banyaknya disertai literasi tentang bambu yang bisa mengedukasi para pengunjung.

"Hingga saat ini kita sudah memiliki koleksi sebanyak 37 jenis bambu. Kita memiliki visi untuk memberi informasi seluas-luasnya tentang bambu kepada masyarakat. Biar bambu dihargai dan tidak dipandang enteng. Kita berharap para pengunjung SBG  setelah pulang dari sini bisa membawa sesuatu yang bermanfaat yaitu pengetahuan tentang bambu, jadi bukan hanya datang, foto lalu pulang begitu saja," lanjut Ricyanto.

Karena itu selain literasi tentang bambu dan berbagai macam jenisnya, SBG juga dilengkapi dengan 4 buah batu prasasti yang berisi tentang asal mula gunung Ungaran, legenda gunung Ungaran, jalur pendakian gunung Ungaran serta tempat-tempat wisata yang terletak di sekitar gunung Ungaran.

Dihadiri oleh puluhan tamu undangan dan juga kurator seni, Mahmoud Elqadrie, pembukaan SBG ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Ricyanto Chandra diikuti oleh seluruh tamu undangan yang ada.(Fera/M.Nur)

Iklan