Iklan

Iklan

,

Iklan

Sekda Salatiga Drs Fakruroji : Masalah Arsip Jangan Disepelekan

Redaksi
Jumat, 26 Juli 2019, 00:43 WIB Last Updated 2019-07-25T17:43:30Z
SALATIGA, harian7.com – Selama ini, boleh dikatakan jika urusan kearsipan maupun aset seringkali dipandang sebelah mata. Bahkan, masih sering disepelekan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Padahal kearsipan ini merupakan urusan yang penting tidak hanya saat pemeriksaan, namun juga merupakan sumber informasi, bahan perencanaan, serta pengembangan sebuah organisasi. Demikian dikatakan Sekda Salatga Drs Fakruroji saat membuka Rapat Koordinasi Kearsipan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Kamis (25/7/2019).

        “Ada kecenderungan jika arsip maupun aset masih dipandang sebelah mata. Tidak seperti urusan laporan keuangan ataupun kepegawaian yang lebih mendapat perhatian. Padahal arsip ini merupakan sumber informasi, bahan perencanaan dan pengembangan organisasi. Selain itu, ketertiban kearsipan itu merupakan salah satu indikator penting dalam mendukung reformasi birokrasi yang sedang didorong oleh Pemerintah Pusat. Untuk itu, masalah arsip untuk tidak disepelekan,” jelas Fakruroji.

Ditambahkan, bahwa selama ini penyelenggaraan kearsipan di SKPD masih menemui beberapa permasalahan. SKPD selaku entitas mempunyai tanggungjawab terhadap penyelenggaraan semua hal pendukung SKPD, seperti kearsipan, pencatatan aset, laporan keuangan sampai dengan kepegawaian. Pengelolaan kearsipan dengan baik, aman dan tidak rusak adalah sebuah keharusan. Karenanya kearsipan idealnya ditangani oleh tenaga fungsional khusus yang menangani kearsipan.

“Untuk penyelenggaraan kearsipan yang baik, unsur yang harus bersinergi antara lain pimpinan sebagai pencipta arsip, petugas kearsipan atau arsiparis, sarana kearsipan dan juga pejabat struktural. Kearsipan sendiri berfungsi sebagai pusat ingatan, sumber informasi serta sebagai alat pengawasan,” kata Fakruroji lebih lanjut, dalam paparan materi tentang Optimalisasi Sumber Daya Kearsipan di Perangkat Daerah Kota Salatiga.

Nara sumbber selain Sekda Salatiga adalah Sri Suwasty SS MH (Kabid Kearsipan Dinas Persip) dengan materi Regulasi Pengolahan Arsip Inaktif dan Sistem Kearsipan Dinamis. Suryanto SH (Kabid Pembinaan dan Pengembangan) materinya Manajemen Arsip Inaktif dan Penyusutan Arsip. Dalam kegiatan ini menghadirkan para pejabat struktural dan petugas kearsipan pada SKPD di lingkungan Pemkot Salatiga. (Heru Santoso)

Iklan