Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Jamin Ketersedian Stok Kebutuhan Pokok, Walikota Depok Gelar Sidak Pasar

Redaksi
Jumat, 10 Mei 2019, 02:12 WIB Last Updated 2019-05-09T19:12:17Z
DEPOK,harian7.com - Wali Kota Depok, Mohammad Idris, hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait pengawasan ketahanan pangan di Pasar Agung, Sukmajaya. Dari kegiatan sidak tersebut diketahui tidak ada penimbunan barang, karena stok komoditas pokok masih mencukupi untuk kebutuhan di bulan Ramadan.

”Ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Kota Depok cukup. Sejauh ini tidak ada penimbunan dan konsumsi yang berlebihan,” ujar Mohammas Idris di Pasar Agung, Sukmajaya, baru-baru ini.


Menurutnya, kegiatan sidak sebagai bentuk pengawasan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terkait stok dan harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan Ramadan seperti beras, daging sapi, daging ayam, dan telur yang dinilainya masih cukup. Selain itu, harga sejumlah komoditas tersebut juga terbilang cukup stabil.

“Untuk beras kualitas premium harganya masih stabil yaitu Rp 11.500, telur ayam broiler Rp 25.000/kg. Kemudian untuk harga daging sapi murni dan ayam broiler juga tidak mengalami kenaikan, yaitu Rp 120.000 dan Rp 38.000,” katanya.

Namun, dirinya mengakui terdapat juga kenaikan bawang merah dari Rp 30.000/kg menjadi Rp 48.000/kg. Untuk bawang putih mengalami kenaikan dari Rp 35.000/kg meningkat menjadi Rp 60.000/kg.

“Tetapi, kenaikan harga tersebut masih berada di bawah harga tertinggi di Jawa Barat. Di mana harga tertinggi untuk bawang putih Rp 80.000/kg dan bawang merah sekitar 48.000-50.000/kg,”terangnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat agar tidak konsumtif dengam membeli bahan kebutuhan pokok secara berlebihan.

“Sebab, dapat menimbulkan kelangkaan dan sehingga berakibat pada kenaikan harga,” ucapnya.

Sedangkan di tempat lain, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) melakukan penambahan fakultatif elpiji bersubsidi sebesar 20 persen dari jumlah kebutuhan per bulan di Kota Depok. Dengan penambahan elpiji 3 kilogram menjadi 285.000 tabung, dipastikan stok elpiji bersubsidi cukup hingga Ramadan dan Lebaran.

“Sejak april alokasi elpiji 3 kg sudah mulai ada tambahan fakultatif sebesar 20 persen, dari alokasi normal 1.425.000 tabung di setiap bulannya. Termasuk juga di bulan Ramadan tahun ini, “tutur Penasihat Hiswana Migas, M Athar Susanto.

Dikatakan Athar, selain menambah jumlah pasokan elpiji, pihaknya juga menyiapkan agen siapa dan pangkalan siaga elpiji selama Ramadan dan Hari Raya Idulfitri nanti. Dengan jumlah agen siaga sebanyak 15 agen dan 125 pangkalan siaga yang tersebar di 63 kelurahan.

“Nanti untuk agen siaga diadakan di setiap kecamatan, sementara pangkalan siaga akan disiapkan sebanyak 2 pangkalan untuk setiap keluarahan,”jelasnya.

Berbekal stok elpiji 3 kg yang mencukupi untuk kebutuhan di bulan Ramadan dan Lebaran, dirinya meminta masyarakat Depok tidak khawatir terhadap ketersediaan elpiji tersebut.

“Kita harapkan masyarakat tidak khawatir adanya kekurangan elpiji di bulan puasa, karena stoknya cukup hingga lebaran,” ujarnya.

Adapun Point-point Himbauan Walikota sebagai berikut :

1. Mengintensifkan pemantauan pergerakan harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras, bawang merah, cabe, telur ayam, daging ayam, daging sapi, dan minyak goreng.

2. Memastikan ketersediaan stok dan pasokan bahan kebutuhan pokok yang ada di gudang, pasar tradisional maupun pasar ritel modern.

3. Memantau para pedagang agar tidak menaikan harga secada berlebihan dan tidak melakukan penimbunan barang , khususnya barang kebutuhan pokok.

4. Mengajak stakeholder dan seluruh lapisan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sederhana, tidak berperilaku konsumtif dan tidak berbelanja secara berlebihan.

5. Melaksanakan desiminasi informasi kepada masyarakat, baik melalui spanduk/banner, running text dan atau melibatkan forum ulama yang bertujuan untuk mengendalikan ekspektasi masyarakat dengan memberikan persepsi positif mengenai kondisi pasokan dan kelancaran distribusi serta melakukan konsumsi secara wajar dan bijak dalam berbelanja.

6. Mengkoordinasikan pemantauan penetapan dan kepatuhan pelaku usaha jasa transportasi jika terdapat kebijakan pengaturan tarif angkutan dalam rangka Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Tahun 2019.(Yopy)

Iklan