Iklan

Iklan

,

Iklan

Mulai Pengamanan TPS, Polres Salatiga Terjunkan 386 Personil

Redaksi
Senin, 15 April 2019, 19:47 WIB Last Updated 2019-04-15T12:47:25Z
SALATIGA, harian7.com – Sebanyak 386 personil Polres Salatiga yang siap bertugas pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019 secara resmi dilepas oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono. Dalam Pemilu 2019 ini, Kota Salatiga ada sebanyak 614 TPS, sedangkan untuk pola pengamanan 2612. Artinya, 2 anggota Polri mengamankan 6 TPS dan dibantu dengan 12 anggota Linmas. Pengamanan ini masih dibantu kekuatan dari TNI sebanyak 145 personil dan BKO Brimob sebanyak 30 personil. Demikian ditegaskan Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi dalam Apel Gelar Pasukan Pergeseran Anggota ke TPS, di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga, Senin (15/4/2O19).

          “Dalam Pemilu 2019 ini, pola pengamanan menggunakan model 2612, dimana dua orang anggota Polri harus mengamankan enam TPS dan akan dibantu dengan 12 anggota Linmas,” kata AKBP Gatot Hendro Hartono.

           Ditambahkan, usai pelaksanaan apel ini, ratusan anggota kepoliian langsung diterjunkan pada seluruh TPS di Kota Salatiga. Hal ini dilakukan, mengingat logistik Pemilu 2019 telah didistribusikan oleh KPU ke masing-masing kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Polres Salatiga juga menyiapkan tim khusus yang melaksanakan patroli keliling bersama dengan anggota Linmas maupun Satpol PP.

          “Sekali lagi, bahwa Apel Gelar Pasukan Pergeseran Anggota ke TPS ini, intinya untuk mengecek semua kelengkapan operasional lapangan. Bahkan, termasuk kelengkapan pribadi personel Polri yang akan bertugas selama pelaksanaan Pemilu serentak. Selain itu, telah diingatkan pula kepada seluruh personil, terkait apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan personel Polri selama bertugas melaksanakan pengamanan di masing-masing TPS,” ujarnya.

          Sementara, amanat Kapolda Jateng Irjend Pol Drs Condro Kirono MM MHum pada intinya bahwa tujuan digelarnya apel pasukan ini untuk mengecek kesiapan personil, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pada tahap pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2019. Polri tetap bertanggungjawab dalam menjaga tegaknya stabilitas Kamtibmas di wilayah Indonesia dan menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat untuk menentukan hak pilihnya pada Rabu, 17 April 2019 tanpa adanya intimidasi dan intervensi dari pihak manapun.

“Persiapkan diri dengan sebaik-baiknya serta jaga kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas BKO di jajaran wilayah Polda Jateng. Berdayakan seluruh masyarakat melalui Perpolisian Masyarakat (Polmas) untuk terlibat dalam pengamanan ini, memaksimalkan peran intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengamati situasi dan kondisi yang berkembang setiap saat, Tetap bersikap profesional serta jaga norma dan etika sehingga dapat menciptakan iklim yang menyejukkan dan membawa kedamaian,” jelas AKBP Gatot Hendro Hartono, saat membacakan amanat Kapolda Jateng. (Heru Santoso)

Iklan