Iklan

Iklan

,

Iklan

UMKM Jateng Pasarkan 760 Produk Kepada Masyarakat

Redaksi
Senin, 11 Maret 2019, 21:37 WIB Last Updated 2019-03-11T14:37:33Z
SEMARANG,harian7.com - Sebanyak 137 ribu pelaku UMKM  telah mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pelaku UMKM tersebut kedepan terus ditingkatkan kualitasnya melalui program UMKM naik kelas.

Sekretaris Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Jawa Tengah Bima Kartika mengatakan Pembinaan dilakukan mulai dari pembuatan produk legalitas hingga pemasaran. Sedangkan untuk meningkatkan pemasaran UMKM Jawa Tengah Pihaknya telah memasarkan produk UMKM di area strategis seperti bandara dan rest area.

"Tahun ini anggaran untuk peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM di Jawa Tengah sebesar Rp 69 Miliar rupiah, naik jika dibanding tahun 2018 lalu, yakni Rp 59 miliar," ujarnya saat diskusi tentang UMKM di Universitas Diponegoro, Senin (11/3).

Dia menuturkan telah bekerjasama dengan Bandara Ahmad Yani Semarang dengan membuka galery yang memasarkan 760 produk UMKM dari Jawa Tengah.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, lanjutnya, melalui Dinas Koperasi dan UMKM setiap tahun meningkatkan anggaran untuk peningkatan kualitas dan kuantitas UMKM. Total pelaku UMKM di Jawa Tengah mencapai 13, 7 % atau sekitar 4,8 juta dari 35 juta jumlah penduduk.

Anggota Komisi B DPRD Jateng Achsin Maruf mengatakan bahwa jumlah pelaku UKM di Indonesia masih minim, Padahal pelaku UKM adalah tulang punggung negara.

bahkan, lanjutnya, saat krisis pun mereka mampu bertahan. Maka pemerintah harus mensuport, Mereka butuh dorongan dan motivasi. Pemprov Jateng mendukung mereka untuk menembus pangsa Internasional.

"Harusnya Pemerintah paham soal UKM yang tumbuh juga harus hadir bagaimana masyarakat bisa berwirausaha, termasuk mendukung pertumbuhan dengan arah market modern mengikuti era digitalisasi yang inovatif dan kreatif," tuturnya. (Andi Saputra)

Iklan