Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Ketua DPC PWOIN Temanggung Ajak Perangi Berita Hoax yang Pengaruhi Stabilitas Ekonomi

Redaksi
Selasa, 12 Maret 2019, 20:13 WIB Last Updated 2019-03-12T13:18:11Z
Temanggung, harian7.com - Pada era digital, penyebaran berita bohong (hoax) di media sosial menjadi hal yang sangat diperhatikan sebab berdampak buruk bagi masyarakat.

Ketua DPC Persatuan Wartawan Online Independen Nusantara (PWOIN) DPC Kabupaten Temanggung Wahono mengatakan, banyak oknum yang memang sengaja memanfaatkan hoax sebagai senjata perang mereka di tahun politik.

Apalagi Media sosial yang berkembang begitu cepat telah mendorong distribusi informasi ke seluruh masyarakat tanpa filter yang cukup. Sehingga sulit sekali bagi orang awam untuk mengidentifikasi informasi yang valid (benar) atau tidak.

"Adanya berita hoax pun semakin meresahkan dan dinilai bisa menjadi ancaman serius bagi stabilitas keamanan dan ekonomi nasional," ujar Wahono, Selasa (12/3/2019).


Menurut Wahono yang juga Jurnalis harian7.com ini mengungkapkan, hoax punya efek yang besar terhadap perekonomian, yakni memengaruhi ekspektasi dan perilaku masyarakat yang pada akhirnya memengaruhi keputusan konsumsi dan berinvestasinya.

Iapun mengajak para awak media dan masyarakat untuk memerangi berita bohong dan menganjurkan melakukan pemeriksaan kembali pada informasi yang didapat sebelum disebarluaskan.

"Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk preventif menjaga viralnya hoax sehingga tidak merugikan bisnis dan ekonomi secara umum," pungkas Wahono. (Nurrun Jamaludin)

Iklan