Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Dirut PDAM Gus Wakhid Hidayat : Keterwakilan Pelanggan Air Bersih PDAM Dalam FKP Itu Penting

Redaksi
Kamis, 14 Maret 2019, 22:28 WIB Last Updated 2019-03-14T15:28:02Z
UNGARAN, harian7.com – Keterwakilan pelanggan PDAM dalam Forum Komunikasi Pelanggan (FKP) PDAM Kabupaten Semarang itu dinilainya sangat penting. Hal ini, kedepan dapat sebagai ‘jembatan’ dalam membantu memecahkan permasalahan khususnya pada pelanggan air bersih PDAM Kabupaten Semarang. Demikian dikatakan Direktur Utama (Dirut) PDAM Kabupaten Semarang Gus Wakhid Hidayat ST MSi, dalam Rapat Koordinasi FKP PDAM Kabupaten Semarang, di Bandungan, Kamis (14/3/2019).

        “Yang jelas keterwakilan pelanggan PDAM yang tergabung dalam FKP PDAM ini sangat penting dan dapat membantu PDAM Kabupaten Semarang,” kata Gus Wakhid Hidayat.

        Sementara, Ketua Dewan Pengawas (DP) PDAM, Denny Ariawan SPsi MSi mengatakan, bahwa FKP PDAM yang sempat “mati suri” ini bangkit kembali seiring dengan terpilihnya Dirut PDAM yang baru. Kilas balik ke belakang, bahwa tujuan dibentuknya FKP PDAM ini, tidak lain adalah untuk menghimpun tanggapan, saran dan masukan serta keluhan dari pelanggan air bersih PDAM khususnya. Diakuinya, jika hingga kini pelayanan PDAM Kabupaten Semarang boleh dibilang masih ada kekurangan.

        “Dengan adanya FKP PDAM ini, harapannya FKP dapat menjadi ‘jembatan’ antara PDAM dengan pelanggan air bersih di Kabupaten Semarang. Segala masukan, saran, keluhan maupun tanggapan pelanggan yang mungkin tidak langsung disampaikan kepada PDAM dapat melalui FKP. Dari sini, FKP akan menyampaikannya kepada PDAM,” terang Denny Ariawan, mantan Dirut PDAM Kabupaten Semarang yang menjabat tidak sampai satu tahun.

        Koordinator FKP PDAM Cabang Tengaran, Nugroho S menyampaikan, bahwa FKP PDAM Cabang Tengaran ini sejak terbentuk hingga sekarang ini telah menjadi ‘tempat’ penyalur segala permasalahan maupun masukan dari pelanggan air bbersih untuk disampaikan ke PDAM.

“Sebelum terbentuk FKP, pelanggan lebiih banyak diam jika ada permasalahan terkait dengan pelayanan air bersih PDAM ini. Namun, setelah ada FKP, justru pelanggan air bersih khususnya di wilayah Cabang Tengaran, lebih banyak porsinya menyampaikan keluhan kepada FKP dibandingkan langsung menyampaikannya kepada PDAM. Padahal, saya ini sama sekali bukan pegawai PDAM,” ujar Nugroho.

Selain itu, muncul pula keluhan dari FKP Cabang Ambarawa terkait dengan masih “lengketnya” pembayaran retribusi kebersihan sebesar Rp 2.500 yang masih tetap dipaksakan masuk dalam tagihan rekening air. Juga, masalah pelanggan yang tidak aktif mengkonsumsi air bersih namun tetap harus membayar biaya tagihan air. Serta masih banyak keluhan, saran maupun usulan terkait dengan keberadaan FKP PDAM ini kedepannya.

Dalam rakor ini, selain dihadiri langsung Dirut PDAM Kabupaten Semarang Gus Wakhid Hidayat, nampak Ketua DP PDAM Denny Ariawan dan anggota, para Kepala Cabang PDAM dari Ambarawa, Tengaran dan Ungaran beserta staf. Selain itu, Koordinator FKP Cabang Ungaran (Nuryanto), Cabang Ambarawa (BW Heru Santoso), dan Cabang Tengaran (Nugroho S) serta para anggota FKP dari tiga cabang tersebut. (Heru Santoso)

 Editor: M.Nur

Iklan