Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Tekan Adanya ‘Golput’, KPU Sosialisasi Pemilu di Rutan Salatiga

Redaksi
Rabu, 20 Februari 2019, 00:00 WIB Last Updated 2019-02-19T17:00:03Z
SALATIGA, harian7.com – Untuk menekan adanya “golput” dalam Pemilu dan Pilpres 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga bekerjasama dengan Rumah Tahanan (Rutan) Salatiga menggelar sosialisasi pemilu kepada warga binaan di dalam rutan yang berada di Jalan Yos Sudarso, Kota Salatiga, Selasa (19/2/2019).

        Kepala Rutan Kelas II B Salatiga, Hero Sulistyono mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini menjadikan wadah bagi para warga binaan untuk mengetahui secara jelas tata cara pemilihan yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang. Sehingga, nantinya dapat menggunakan hak pilihanya atau menyalurkan aspirasinya dalam pesta demokrasi tersebut. 

“Dalam Pemilu dan Pilpres 2019, di dalam Rutan Salatiga ini akan disediakan TPS Khusus bagi warga binaan. Sehingga, warga binaan tidak akan kesulitan dalam menggunakan hak pilihnya untuk mencoblos pilihannya,” terang Hero Sulistyono.

Sebelumnya, Rutan Salatiga juga telah bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Salatiga untuk melakukan perekaman data E-KTP kepada warga binaan yang belum punya E-KTP. Ini bertujuan, agar warga binaan dapat menyalurkan hak pilihnya dalam Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang.

Lebih lanjut dikatakan Hero Sulistiyono, bahwa sekarang ini ada sebanyak 135 warga binaan yang merupakan penduduk asli Kota Salatiga. Dengan begitu, kegiatan sosialisasi ini dapat dipahami dan dicermati oleh seluruh warga binaan dan dapat diketahui alur pemilihannya.

Sementara, Wiwin Agus, Divisi Hukum KPU Kota Salatiga mengatakan, bahwa sosialisasi yang digelar didalam Rutan Salatiga ini, dimaksudkan agar para warga binaan nantinya dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu dan Pilpres 2019 mendatang. Bahkan, KPU siap membantu jika ada warga binaan dari Rutan Salatiga ini yang ingin mengurus perpindahan pilih atau perubahan formulir A5.

“Yang jelas, KPU disini siap membantu Rutan Salatiga untuk mempermudah kegiatan-kegiatan yang mendorong agar terciptanya partisipasi pemilih yang meningkat,” tandas Wiwin. (Heru Santoso)

Editor : M.Nur

Iklan