Iklan

Iklan

,

Iklan

PP Temanggung Gelar Penanaman 700 Pohon, Untuk Bangun Ekologi dan Ekonomi

Redaksi
Senin, 25 Februari 2019, 01:10 WIB Last Updated 2019-02-25T05:02:28Z
Temanggung,harian7.com - Sebagai bentuk kepedulian pada kelestarian lingkungan dan juga mendorong kesadaran masyarakat untuk menanam pohon untuk anak cucu di masa mendatang, mengingat pentingnya pohon sebagai penangkal bencana tanah longsor, banjir serta erosi lahan. Organisasi masyarakat Pemuda Pancasila Kabupaten Temanggung, melakukan penanaman 700 batang pohon di Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Minggu (24/02/2019).

Kegiatan penanaman pohon oleh Pemuda Pancasila Kabupaten Temanggung ini, adalah bagian dari acara penerimaan anggota baru Sapma dan LKP (Latihan Kader Pratama) di tempat wisata Curug Lawe, sebagai sarana untuk mengenalkan kembali destinasi wisata alam yang potensial, dan melestarikan hutan Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung.

Dalam kegiatan ini, Ketua Sapma PP Kabupaten Temanggung Anam Narijan menyerahkan 700 batang bibit pohon secara simbolik kepada Camat Gedawang yang didampingi jajaran Forkompincam Gemawang.

"Dengan diadakan tanam pohon ini, saya berharap  dimasa mendatang  acara ini akan  digelar setiap bulannya dengan menyajikan kesenian asli Desa Muncar, yaitu kesenian kuda lumping secara bergiliran tiap - tiap dusun untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Curug Lawe hingga akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. Apalagi saat ini telah dibangun akses - akses untuk kenyamanan pengunjung,"kata Anam Narijan.

Sementara Kepala Desa Muncar Sis Bambang, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi atas dilaksanakan kegiatan tanam pohon ini. Terlebih penaman pohon ini dilakukan di Kawasan wisata Curug Lawe, yang mana tempat ini banyak dikunjungi orang.

"Setiap hari, terlebih pada hari libur, banyak wisatawan berkunjung ke Curug Lawe yang sekalipun saat kemarau tidak pernah kering, hanya saja debit airnya agak menurun. Kawasan wisata Curug Lawe akan dikelola lebih serius oleh pemerintah desa dengan memberdayakan masyarakat setempat," ungkap Sis Bambang.

Hal senada diungkapkan Camat Gemawang Eko Suprapto. Saat di konfirmasi harian7.com di sela acara ia mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung adanya acara ini, sebagai ajang untuk mengenalkan kembali keberadaan Curug Lawe ke masyarakat luas, serta menjadi tempat wisata yang akan dicari oleh wisatawan.

"Banyak potensi yang tersimpan di desa ini selain tempat wisata alam berupa air terjun yang indah, ada juga petani penghasil kopi yang saat ini mendunia, selain Desa Muncar merupakan desa penghasil gula aren," ungkap Eko Suprapto.
Selain Camat Gemawang Eko Suprapto, acara tanam pohon PP Kabupaten Temanggung, turut hadir dalam acara tanam pohon ini yakni LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan),  Polisi Hutan RPH Jumo, dan Kepala Desa Muncar Sis Bambang.(Wahono)

Editor: Muza

Iklan