Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Menjemput Matahari di Desa Jambu, Antara Jalan Sehat dan Manjakan Lidah Dengan Kuliner Tempo Dulu

Redaksi
Minggu, 17 Februari 2019, 15:06 WIB Last Updated 2019-02-17T08:15:29Z
Ungaran,harian7.com - Ribuan orang ikuti jalan sehat yang di adakan oleh Komunitas Pemuda Brongkol - Jambu ( KOLBU ) dengan mengusung tema 'Menjemput Matahari'.

Jalan santai tersebut diadakan di jalan penghubung antara Desa Jambu dan Desa Brongkol Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Minggu (17/2/2019) pagi.

Adapun rutenya sepanjang 1 KM dan  di mulai pukul 05.00 Wib hingga pukul 09.00 Wib.

Yang menarik dalam acara ini, selain berkeringat sehat juga bisa menikmati suguhan aneka kuliner tempo dulu yang saat ini boleh dibilang nyaris punah.

Tak hanya itu, sembari  jalan santai masyarakat juga bisa menghirup udara pagi yang segar serta menikmati indahnya pemandangan sawah yang menghijau, padi yang menguning serta bisa melihat panorama pegunungan.

Baca Juga:
Omah Kopi Klothok, Nikmatnya Secangkir Kopi dan Hidangan Ndeso di Sertai Dinginya Udara Kota Salatiga

Koordinator Kolbu Widi Nugroho saat di konfirmasi MNN MEDIA INDONESIA Group mengungkapkan, Acara bertema Menjemput Matahari ini selain digelar jalan santai juga ada beberapa kegiatan tradisional seperti sajian kuliner tradisional dan permainan tradisional.

"Untuk kuliner tradisional, ada beberapa pedagang yang menjajakan cethil, nasi jagung, klepon, lupis, gemblong, timus, klenyem, utri, nogosari, gablog jagung, tiwul dan aneka bubur jenang. Sesuai dengan visi mereka yaitu ingin mengangkat wisata lingkungan sehat," kata Widi.

Widi menambahkan, Acara ini digelar atas gagasan  Syukron salah satu tokoh pemuda setempat. Dengan persiapan matang selama 2 bulan, akhirnya pagelaran ini terwujud.

"Ada 3 hal yang ingin kami tonjolkan di gelaran Menjemput Matahari ini, yaitu pemandangan pegunungan, lintasan joging dengan udara bersihnya, dan kuliner tradisional, dengan sasaran menyehatkan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan pedagang kecil di wilayah Jambu hingga Brongkol, mengenalkan makanan dan permainan tradisional kepada generasi muda. Maka dengan even ini sangatlah tepat," tambah Widi.

Haryanti (43)  warga Jambu Kidul yang juga hadir dalam acara ini, mengungkapkan,"Kegiatan seperti ini kalau bisa lebih di tingkatkan, karena selain bisa untuk membina tubuh yang sehat juga bisa ajang transaksi kuliner dan akhirnyapun bisa meningkatkan perekonomian warga Desa Jambu dan Desa Brongkol,"ungkapnya.
Serda Sunardi (berseragam PDL) saat berbincang dengan tokoh masyarakat setempat dan Kapolsek Jambu Iptu Harsono.

Sementara itu, Babinsa Jambu Serda Sunardi mengaku senang dengan diadakannya acara ini. "Saya sangat senang dengan diadakan kegiatan tersebut,  karena selain sehat juga bermanfaat untuk saling menjaga kedamaian dan talisilahturahmi di antara warga,"ungkapnya disela berjaga dalam acara tersebut.

Kapolsek Jambu Iptu Harsono melalui Kasubag Humas Polres Semarang AKP Teguh Susilo Hadi kepada harian7.com mengatakan, Guna untuk memperlancar jalannya kegiatan dan menghindari adanya gangguan kamtibmas yang tidak di inginkan, Kanit Binmas Polsek Jambu Aiptu Joko S dan Bhabinkamtibmas Desa Jambu Aipda Edy P di siagakan dalam acara ini.

Dengan pelaksanaan pengamanan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dan untuk menciptakan situasi yang nyaman dan aman kepada masyarakat.

“Setiap kegiatan apapun di masyarakat, kami siap membantu dan memberikan pelayanan serta pengamanan yang terbaik bagi masyarakat,” terangnya.
Kegiatan jalan santai tersebut berjalan sangat meriah, tertib, aman dan sukses tanpa ada halangan dan gangguan Kamtibmas.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Camat jambu  Edi Sukarno, Kapolsek Jambu Iptu Harsono, Kades terpilih Jambu Djamari beserta staf.(M.Nur)

Iklan