Iklan

Iklan

,

Iklan

Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Berguna

Redaksi
Jumat, 22 Februari 2019, 11:59 WIB Last Updated 2019-02-22T07:06:28Z
MAGELANG, harian7.com -  Kepolisian Resor Magelang, Polda Jawa Tengah melangsungkan Upacara Hari Peduli Sampah Nasional 2019, yang dilangsungkan di Terminal Borobudur Kabupaten Magelang, Jumat ( 22/02/19 ).


Upacara diawali pada  pukul. 07.00 WIB, dipimpin langsung oleh Kapolres Magelang dan diikuti oleh Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto, Para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie, Perwira, Bintara, ASN  Polres Magelang dan Bhayangkari.


Kapolres magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho, SIK, dalam sambutanya mengatakan Upacara Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari, untuk tahun ini mengambil thema        " Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Berguna " katanya.


" Peringatan ini kita menengok tragedi empat belas tahun yang lalau tepatnya 21 Februari 2005, dimana 157 jiwa melayang tergulung tumpukan sampah dan dua Kampung hilang dari peta karena longsoran sampah dari tempat pembuangan ahkir Leuwi Gajah, Kota Cimahi, tepatnya persis senin dini hari.
Longsoran dari berbagai sampah anorganik tersebut bagaikan bak Gelombang Tsunami setidaknya mirip Tsunami, yang meluluh lantahkan kampung Cilimus dan Pojok, Pemukiman yang penuh kehidupan itu langsung luluh lantak walaupun berjarak satu km dari gunungan sampah tersebut, maka hal itu bida buat pelajaran kita, dan kita sikapi dengan bijak," imbuhnya.


Lebih lanjut Kapolres menyampaikan bahwa dengan mengambil pengalaman itu marilah bersama sama kita Membangun bersama kehidupbersih, dan sehat melalui pengelolaan sampah adalah gaya hidup baru masyarakat Kabupaten Magelang.

Marilah kita selalu mendorong budaya bersih, sehat, dan  produktif sebagai modal sosial yang terus menerus perjuangkan dalam kehidupan masyarakat, sosialisasikan dan  edukasi kepada masyarakat perihal dinamika mengatasi sampah sejak dari sumbernya.


" Di Kabupaten Magelang sendiri telah mengambil inisiatif dan mengambil langkah Inovatif berkembang sangat baik terlebih lagi dari masyarakat Grassrot komunitas,"  pungkasnya.


Selesai upacara dilanjutkan bersama sama membersihkan atau memungut sampah di kawasan sekitar terminal Borobudur Magelang. ( Ady Prasetyo )

Iklan