Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Cilacap Bersama Dandim Turut Panen Jagung Hibrida Bisi 18 di Desa Sawangan

Rabu, 27 Februari 2019, 20:43 WIB Last Updated 2019-02-27T13:43:40Z
Cilacap, Harian7.com – Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap, Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han), Rabu (27/02/2019) panen Jagung Hibrida Bisi 18 bersama Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Harapan Dusun Blimbingsari Desa Sawangan, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam panen Jagung tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Hj. Tetti Rohatiningsih, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Cilacap, Supriyanto, SP. MP, Kabid Tanaman Pangan Dispertan Kabupaten Cilacap, Ermawati Syahyuni, SP. MP, Adm Perhutani Jeruklegi, Toni, S.Hut, Camat Jeruklegi, Rumbarwoto, S. Sos, MM, Kepala Desa Sawangan beserta para perangkatnya dan para Gapoktan Desa Sawangan.

Bupati Cilacap, H.Tatto Suwarto Pamuji ditemui usai panen Jagung mengajak kepada seluruh warga Kabupaten Cilacap agar tidak membiarkan lahan kosong dan tidak produktif.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Cilacap, agar tidak ada sejengkal tanah pun baik lahan-lahan kosong atau tidur yang mubazir yang tidak dipergunakan,” katanya.

Menurutnya, lahan-lahan kosong dan tidur kita gunakan, dan kualitas Jagung pun harus kita dukung dengan kualitas yang bagus. Pemerintah akan turun tangan dengan memberikan bantuan berupa bibit Jagung yang bagus, kemudian dikasih alat berupa traktor, dan alat pengering, supaya harganya bagus, stabil dan tidak lagi import.

Sementara, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Wahyo Yuniartoto mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pertanian yang telah berupaya keras meningkatkan hasil pertanian masyarakat Cilacap.

“Dispertan Cilacap telah memberikan program yang visioner, dan konstruktif, sehingga mampu menstabilkan pangan. Ini merupakan upaya yang sangat dihormati dan perlu kita sukseskan bersama,” katanya.

Lebih lanjut Dandim menambahkan, Kodim 0703/Cilacap sangat mendukung program yang telah dicanangkan pemerintah tersebut.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Cilacap untuk ikut mensukseskan, mendukung dan turut serta demi kejayaan pangan ini," tandas Dandim.

Camat Jeruklegi, Cilacap, Rumbarwoto, S. Sos, MM mengatakan, panen Jagung jenis Hibrida Bisi 18 ini dilaksanakan di atas tanah seluas 520 hektare yang terdiri dari tanah pribadi seluas 100 hektar dan tanah Perhutani seluas 420 hektare.

Dengan tahan seluas tersebut, menurutnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas Jagung di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Dari 1 hektar tanah yang ditanami Jagung menghasilkan 24 juta rupiah, dan diharapkan panen jagung hibrida ini mampu meningkatkan perekonomian warganya,” pungkasnya.

Selain panen Jagung bersama, pada kesempatan tersebut Bupati Cilacap didampingi Dandim dan Dinas Pertanian Cilacap juga meyerahkan sejumlah alat pertanian kepada para Gapoktan yang ada di wilayah Kecamatan Jeruklegi. (Rusmono)



Iklan