Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Forum Konsultasi Publik Untuk Percepatan Pembangunan & Meningkatkan Pelayanan Masyarakat

Kamis, 03 Januari 2019, 21:09 WIB Last Updated 2019-01-03T14:09:34Z
Cilacap, Harian7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Cilacap Tahun 2020.

Acara yang dibuka Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji diselenggarakan, Kamis (03/01/2019) di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cilacap dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, Ketua DPRD Cilacap Taswan, anggota DPRD Didi Yudi Cahyadi dan Purwati, serta sekitar 118 orang terdiri dari perwakilan unsur pemangku kepentingan (stakeholder), dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan, Pemkab Cilacap menetapkan tahun 2020 menjadi target capaian optimal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), sehingga para OPD untuk bekerja maksimal bagi capaian tersebut.

"Tujuan forum konsultasi ini adalah untuk percepatan pembangunan dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat," katanya.

Dia menegaskan, sekarang kita susun target-target yang bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat. Tentunya yang menyenangkan, artinya yang berguna dan memang dibutuhkan masyarakat.

"Seluruh OPD agar menyusun perencanaan dan target secara optimal, dengan mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk mencapai tujuan, serta bekerja keras," tegas Bupati.

Dalam konsultasi publik tersebut, berbagai isu strategis pembangunan tahun 2020 dipaparkan, seperti kualitas sumber daya manusia, tata kelola pemerintahan yang bersih transparan, kolaboratif, demokratis, efisien, efektif, dan akuntabel, serta perekonomian dan inovasi daerah.

Selain itu, pengentasan pengangguran dan kemiskinan, serta kualitas ketersediaan infrastruktur wilayah.

Kepala Bidang Program dan Evaluasi Bappelitbangda Kabupaten Cilacap, Daryono selaku panitia penyelenggara, mengatakan forum ini bertujuan untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RKPD Tahun 2020.

Ada tiga paparan dalam forum itu, yakni Pokok-pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Cilacap, Gambaran Keuangan dan Pendapatan Daerah oleh Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Cilacap, Subiharto, serta Arah Kebijakan Pembangunan oleh Plt Kepala Bappelitbangda Cilacap, Sumbowo.

Plt Kepala Bappelitbangda, Sumbowo menerangkan, forum ini diikuti komponen pemangku kepentingan agar memberikan masukan-masukan bagi perencanaan pembangunan tahun 2020, sehingga aspirasi dari pemangku kepentingan bisa tertampung.

"Arah kebijakannya sama dengan RPJMD 2017-2020 yakni pembangunan ekonomi dan infrastruktur untuk membangun jalan di daerah pelosok dan perbatasan," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan