Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Ciptakan “Icon Pariwisata”, Pemkab Semarang Gencar Bangun Kawasan Wisata di Bandungan dan Bukit Cinta

Redaksi
Selasa, 29 Januari 2019, 19:10 WIB Last Updated 2019-01-29T12:10:40Z
UNGARAN, harian7.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan jika pemerintah telah menargetkan khusus sektor pariwisata tumbuh hingga 7 persen, atau lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi dunia. Artinya, bahwa pertumbuhan pariwisata dua kali lipat dari pertumbuhan ekonomi dunia. Penegasan Presiden Jokowi ini, akhirnya disikapi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang dengan gencar mengembangkan kawasan wisata di “Bumi Serasi” ini.

        Wakil Bupati Semarang, Ngesti Nugraha SH menyatakan, bahwa Pemkab Semarang menyikapinya dengan melakukan penataan kawasan wisata Bandungan dan ini telah mendapatkan dukungan dari DPRD Kabupaten Semarang. Selain di kawasan wisata Bandungan secara bertahap, Pemkab Semarang juga telah melakukan pembebaskan lahan untuk pembangunan Pasar Bandungan.

“Khusus untuk tahun 2018, telah dikucurkan anggaran mencapai Rp 15 miliar untuk pembangunan Pasar Bandungan. Hingga sekarang ini, pembangunan pasar tersebut masih berlangsung. Pasar Bandungan yang baru itu dibangun dengan dua lantai,” jelas Ngesti kepada harian7.com, Selasa (29/1/2019).

 Ditambahkan juga, untuk di tahun 2019 ini, Pemkab Semarang melaksanakan proses pembebasan tanah Pasar Bandungan yang sekarang ini ada. Direncanakan, lahan tersebut kedepan difungsikan untuk dibangun ruang terbuka hijau.

Dalam rangka mendukung pembangunan Pasar Bandungan maupun ruang terbuka hijau itu, pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI Jokowi melalui Kementrian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan dalam rangka percepatan pembangunan kawasan wisata Bandungan. Baik itu, pembangunan Pasar Bandungan maupun penataan Sub Terminal Candi Gedong Songo dengan anggaran mencapai Rp 69 Milyar.

“Dengan gencarnya pembangunan kawasan wisata ini, harapan kami Pemkab Semarang mempunyai ‘icon pariwisata’. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

Selain penataan kawasan wisata Bandungan, Pemkab Semarang yang dalam tahun 2019 ini, juga menyelesaikan pembangunan kawasan Bukit Cinta di wilayah Kecamatan Banyubiru dengan pembebasan tanah dan memakan anggaran mencapai Rp 20 miliar.

“Khususnya untuk pembebasan tanah pada pembangunan kawasan wisata Bukit Cinta di wilayah Kecamatan Banyubiru, anggarannya mencapai Rp 20 miliar,” tandas Ngesti Nugraha SH, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang. (*)

Laporan: Heru Santoso
Editor : M.Nur

Iklan