Iklan

Iklan

,

Iklan

Tim Gabungan Periksa Kesehatan Awak Angkutan Umum

Jumat, 28 Desember 2018, 17:38 WIB Last Updated 2018-12-28T10:38:58Z
Cilacap, Harian7.com - Tim gabungan dari Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Cilacap, Dinas Kesehatan (Dishub), dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cilacap melakukan pengecekan kesehatan terhadap awak angkutan umum, dan kelengkapan surat kendaraan.

Pengecekan kesehatan, dan pengecekan kelengkapan kendaraan yang dilaksanakan, Jumat (28/12/2018) di Terminal Cilacap dalam rangka menghadapi liburan Tahun Baru 2019.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Lantas AKP Ahmad Nur Ari mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan di Terminal bus Cilacap serta di Pangkalan PO bus dan kendaraan barang.

"Sasaran kegitan ini adalah para supir serta awak angkutan kendaraan umum dan kendaraan barang," katanya.

Adapun teknis pelaksanaan kegiatan menurutnya meliputi pengecekan kesehatan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dengan melakukan medical check up seperti pemeriksaan tekanan darah, cek urine untuk mendeteksi adanya kandungan narkoba dan alkohol dalam tubuh dan pengecekan gula darah.

Lebih lanjut dikatakan, selain pengecekan kesehatan, juga dilakukan pengecekan kendaraan umum dan kendaraan barang oleh Petugas dari Polres Cilacap, dan Dishub Kabupaten Cilacap.

"Pengecekan kendaraan umum meliputi kelengkapan surat-surat mulai dari kepemilikan SIM, STNK kendaraan, Buku Uji KIR, serta Ijin Trayek," ungkap Kasatlantas.

Petugas gabungan juga memeriksaan Cockpit mulai dari lampu sent, lampu hazard, lampu utama, wiper, pengereman kendaraan, tekanan ban serta kelengkapan kendaraan mulai dari dongkrak, kotak P3K dan segitiga pengaman.

 "Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menekan angka laka lantas yang mengakibatkan korban meninggal dunia, dan melibatkan angkutan umum serta angkutan barang di wilayah Kabupaten Cilacap," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan