Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Musrenbangdes Desa Cisumur Bahas 3 Prioritas Pembangunan

Kamis, 13 Desember 2018, 10:35 WIB Last Updated 2018-12-13T03:35:55Z
Cilacap, Harian7.com - Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2020, Desa Cisumur, Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap membahas 3 Prioritas Pembangunan diantaranya jalan Dusun Balianjang, Dusun Cisumur dan jalan Dusun Dungunsari.

Musrenbangdes dimulai pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB pada Rabu (12/12/2018) di pendopo Desa Cisumur Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap, di buka Ketua BPD Desa Cisumur, Warisman dan dihadiri Camat Gandrungmangu, Luhur Satrio, S.Sos beserta staf, Ketua BPD, Kepala Dusun, tokoh agama, tokoh masyrakat, Ketua RT/RW dan seluruh elemen masyarakat baik kelompok maupun perorangan.

Dalam sambutannya Ketua BPD Desa Cisumur, Warisman menyampaikan hasil dan data serta laporan pertanggungjawaban rencana pembangunan Desa Cisumur tahun 2018 yang sudah terealisasi dan sudah ada tahapan yang terselesaikan.

“Pengerasan jalan, pengecoran jalan ataupun pembanguan lain di bidang sumber daya, infrastruktur, sarana publik, jembatan, talud, sarana pendidikan dan anggaran kesehatan, itu yang sudah terealisasi," ungkapnya.

Selain tahapan pengajuan anggaran di masing masing dusun, menurutnya setiap kelompok baik tani atau nelayan juga mendapatakan subsidi anggaran seperti yang sudah di musyawarahkan.

Sementara, Camat Gandrungmangu, Luhur Satrio dalam sambutannya mengatakan, dalam kegiatan Musrenbangdes ini, Desa Cisumur juga mengusulkan Jalan Lingkar SMP N 2 Gandrungmangu dengan anggaran mencapai Rp 500 juta.

“Selain itu, pemeliharaan Jalan Sidaurip-Cisumur tahun anggaran 2019, dan tahun 2020 ada 3 titik yang menjadi prioritas pembangunan infrastruktur,” katanya.

Dijelaskan Luhur, di tahun 2019 ada sebagian kelompok yakni nelayan Mina Lestari akan mendapat bantuan dana budidaya ikan sebesar Rp 60 juta rupiah. Kemudian Dana Desa atau dana yang bersifat khusus mendapat anggaran pembangunan sebesar Rp 125 juta.

“Kisaran dana yang kami ajukan ke Pemkab dan Pusat dalam Musrenbang ini mencapai Rp 2 milyar lebih. Sedangkan Dana Desa sendiri mencapai Rp 1,1 Miliyar lebih di tahun depan," tandasnya.

Kepala Desa Cisumur, H Yusro didampingi Sekertaris Desa, Sofyan, S,Sos Musrenbangdes untuk menyerap aspirasi dan keinginan seluruh warga desa Cisumur. Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan dan cita-cita bisa terwujud.

“Warga juga mengusulkan anggaran melalui masing Ketua RT dan RW. semoga bisa terealisasi agar tingkat kemajuan desa Cisumur semakin maju dan semua perbaikan jalan dapat teratasi dengan baik," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan