Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Lanal Cilacap & Pertamina Gandeng PODSI serta HNSI Gelar Festival Dragon Boat

Rabu, 26 Desember 2018, 11:31 WIB Last Updated 2018-12-26T04:31:33Z
Cilacap, Harian7.com - Dalam upaya menggelorakan jiwa dan semangat bahari pada rangkaian peringatan Hari Armada Republik Indonesia Tahun 2018, dan HUT PT Pertamina RU IV ke 63, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Cilacap, Lantamal V dan PT Pertamina RU IV gandeng PODSI dan HNSI menggelar festival Dragon Boat.
 
Festival Dragon Boat yang diselenggarakan Minggu, (23/12/2018) di pantai Teluk Penyu Cilacap diikuti 32 tim yang terbagi atas dua kategori, yakni kategori pelajar 12 tim, dan umum 20 tim dengan mengusung tema ‘Dragon Boat Festival 2018’.
 
Festival Dragon Boat dibuka Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji yang diwakili Kepala Dinas Perikanan, Ir. Sujito, M.Si dihadiri Komanadan Lanal Cilacap, Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Unit Manager Communication & CSR RU IV, Laode Syarifuddin Mursali, Dandim 0703/Cilacap yang diwakili Danramil 01/Kota Cilacap, Kapten Kav Nursohib Ansori, Pjs Palaksa Lanal Cilacap, Mayor Laut (PM) Okta Yudha P, Kasatpol Air Polres Cilacap, AKP Huda Syafei, Ketua HNSI Cilacap, Sarjono, dan Ketua PODSI Cilacap, Paijan.
 
Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Perikanan, Ir Sujito, M.Si mengatakan, kegiatan festival maupun lomba perahu naga yang sudah berjalan rutin ini, terasa istimewa karena momennya bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Pertamina yang ke-61. 
 
Disamping itu, jelasnya festival ini juga diikuti peserta-peserta yang berkualitas, baik dari lokal Kabupaten Cilacap, maupun dari Kabupaten/ Kota dan Provinsi lain.
 
“Saya memberikan apresiasi yang tinggi sekaligus penghargaan atas terselenggaranya kegiatan ini,” katanya. 
 
Dia menambahkan, kami ucapkan selamat datang serta terima kasih, atas kehadiran para official dan seluruh atlit perahu naga dari luar daerah, di Kabupaten Cilacap yang Bercahaya ini.
 
“Semoga kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk menjalin persahabatan, ajang pembinaan prestasi, dan juga mendorong perkembangan olahraga dayung serta mengembangkan bidang pariwisata di Kabupaten Cilacap,” ungkap Bupati.
 
Sementara, General Manager Pertamina Refinery Unit IV Cilacap melalui Unit Manager Communication dan CSR RU IV, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Pertamina ke 61 dan Hari Armada tahun 2018. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bekerjasama dengan PODSI dan  HNSI Cilacap.
 
“Kegiatan ini untuk menjalin kebersamaan pemangku kepentingan yang terkait dengan laut,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya Festval Dragon Boat Festival 2018 yang diselenggarakan di Cilacap merupakan momentum untuk meraih prestasi. Jumlah pesertanya dari tahun ke tahun makin bertambah banyak dan kali ini mencapai 32 tim.

"Tahun sebelumnya masih di bawah 20 tim, artinya peminat olahraga air ini makin besar. Mudah-mudahan bisa menjaring bibit-bibit yang berprestasi di olahraga dayung, sehingga nantinya bisa kita angkat lagi ke turnamen yang lebih tinggi seperti provinsi maupun nasional,” ungkapnya.
 
Dandim 0703/Cilacap melalui Danramil 01/Kota Cilacap Kapten Kav. Nursohib Ansori mengatakan kejuaraan tersebut digelar sebagai ajang untuk mencari bibit atlet dayung dari Cilacap.

“Sekarang sudah ada kejuaraan perahu naga tingkat nasional, namun belum ada bibit-bibit atlet dari Cilacap yang ikut ajang tersebut. Ini salah satu ajang untuk pencarian bibit,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya sangat mengapresiasi acara tersebut, ke depan diharapkan makin meningkat sehingga dapat menjadi kegiatan tingkat nasional.
 
"Kejuaraan perahu naga di pantai Teluk Penyu juga diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Kabupaten Cilacap agar dapat lebih dikenal masyarakat luas," pungkas Danramil. (Rusmono).

Iklan