Iklan

Iklan

,

Iklan

BNNK Cilacap Sosialisasi Desa Bersinar dan Tes Urine

Jumat, 14 Desember 2018, 02:23 WIB Last Updated 2018-12-13T19:23:04Z
Cilacap, Harian7.com – Guna menindaklanjuti koordinasi antara Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Cilacap dengan para Camat se-Kabupaten Cilacap terkait program Desa Bersih dari Narkoba (Bersinar), para Kepala Desa memanfaatkan kegiatan rapat konsultasi PKK tahun 2018 dengan mengundang BNNK Cilacap agar mensosialisasikan program tersebut.

Sosialisasi yang diselenggarakan Rabu (12/12/2018) di aula Kecamatan Binangun, Cilacap diikuti 150 orang terdiri dari pengurus Tim penggerak PKK Kecamatan Binangun dan 17 Kepala Desa yang ada Kecamatan Binangun.

Kepala BNN Kabupaten Cilacap, Drs Triatmo Hamardiyono, M.Si memberikan sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) serta program tindaklanjut yang dapat dilaksanakan di desa oleh Kepala Desa dan pengurus Tim Penggerak PKK Kecamatan Binangun.

Kepada kader PKK juga disampaikan tentang pentingnya peran keluarga dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak, dan orangtua memegang peranan yang sangat vital melalui pola asuh yang mereka terapkan.

“Ketika hal ini dihubungkan dengan pencegahan, penyalahgunaan narkoba berbasis keluarga, maka hal ini dinilai sangat efektif dan potensial dalam mencegah tindakan penyalahgunaan narkoba,” tandas Triatmo.

Narasumber juga mengajak para peserta khususnya ibu-ibu untuk mampu menjadi garda terdepan serta pelopor anti narkoba khususnya di lingkungan keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

Tes Urine Bagi Karyawan BRI

Ditempat terpisah, BNNK Cilacap juga menyelenggarakan tes urine terhadap 21 karyawan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cilacap. Kegiatan yang dipimpin Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Parwito, S.Sos, MM dilaksanakan di Bank BRI Cabang Cilacap, Rabu, (12/12/2018) sebagai tindak lanjut kegiatan Pengembangan Kapasitas di Instansi Swasta dan BUMN dalam mewujudkan lingkungan kerja yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Cilacap, Drs Triatmo Hamardiyono, M.Si melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Parwito, S.Sos, MM menyatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai deteksi dini bagi karyawan Bank BRI Cilacap agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Dia berharap agar Bank BRI Cilacap kedepannya dapat terus bekerjasama dan berpartisipasi dalam upaya P4GN.

“Hasil tes urine yang kami lakukan terhadap 21 karyawan BRI, seluruhnya negatif dari narkoba,” pungkasnya. (Rusmono)

Iklan