Iklan

Iklan

,

Iklan

Rutan Salatiga Gelar Sambung Rasa Dengan Warga Binaan

Redaksi
Kamis, 15 November 2018, 03:38 WIB Last Updated 2018-11-14T20:38:05Z
SALATIGA, harian7.com - Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada warga binaan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Salatiga menerapkan sistem informasi self service. Sistem informasi ini berisi informasi mengenai data-data warga binaan yang berkaitan dengan masa hukuman maupun proses kepengurusan pembebasan bersyarat (PB) serta cuti bersyarat (CB). Demikian diungkapkan Hero Sulistyono, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Salatiga dalam acara sambung rasa dengan warga binaan di Rutan Salatiga, kemarin.

“Sekarang warga binaan di Rutan Salatiga ini dapat mengakses informasi melalui komputer yang disediakan oleh rutan di depan ruangan registrasi. Layanan ini telah jadi dan sedang dipersiapkan untuk segera dipasang. Langkah ini dalam rangka meningkatkan pelayanan serta pemberian informasi secara terbuka dan transparan,” kata Hero Sulistyono dalam rilisnya yang diterima harian7.com.

Rutan sendiri menyediakan fasilitas informasi diri bagi para warga binaan. Ini semua sebagai bagian dari tekad pelayanan kepada warga binaan secara transparan. Ditegaskan, bahwa penyediaan fasilitas ini merupakan instruksi dari pusat untuk menghindari anggapan bahwa kepengurusan terkait dengan masa hukuman warga binaan sangat rawan pungutan liar.

Terkait dengan pembebasan bersyarat (PB) maupun cuti bersyarat (CB), keduanya merupakan hak dari warga binaan untuk mendapatkan pengurangan masa hukuman. Namun demikian, terdapat kriteria dan proses yang harus dipenuhi oleh warga binaan yang nantinya berhak mendapatkan PB maupun CB tersebut.

“Setiap warga binaan memiliki hak untuk mendapatkan PB maupun CB. Semua itu tidak lepas dari syarat-syarat yang harus dipenuhi. Beberapa syarat itu, diantaranya adalah masa hukuman di atas enam bulan dan berkelakuan baik selama menjalani masa hukuman serta ada pihak yang menjamin dari keluarga,” ujarnya.

Acara sambung rasa yang digelar Rutan Salatiga ini diselenggarakan setiap satu bulan sekali pada hari Selasa. Acara ini rutin dilaksanakan, dalam rangka mendengar keluhan dari para warga binaan dan sarana penyampaian infomasi dari pihak rutan kepada para warga binaan.

“Sambung rasa ini digelar rutin setiap sebulan sekali. Acara ini merupakan media komunikasi antara pihak rutan dengan para warga binaan. Dari sini muncul masukan dari warga binaan maupun penyampaian informasi dari pihak Rutan Salatiga,” tandas Kasubsi Pelayanan Tahanan (Peltah) Dwi Murdanto melalui Humas Nuryadi. (Heru)


Editor : M.Nur

Iklan