Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Pertama Kali Terjadi, Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang Terkumpul Rp 1 Miliar

Redaksi
Kamis, 15 November 2018, 03:51 WIB Last Updated 2018-11-14T20:51:26Z
UNGARAN, harian7.com – Dana yang terkumpul dari bulan dana PMI Kabupaten Semarang selama tiga bulan sejak bulan Agustus 2018 terkumpul mencapai Rp 1 Miliar. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada bulan dana PMI pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 600 juta. Jumlah Rp 1 Miliar ini terhitung fantastis dan baru pertama kali terjadi dalam sejarah penggalangan dana PMI di Kabupaten Semarang. Demikian dikatakan Ketua Umum Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang 2018, Gunawan Wibisono, disela penyerahan bulan dana PMI kepada Bupati Semarang H Mundjirin, di pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang di Ungaran, Rabu (14/11).

          “Dana sebesar Rp 1 Miliar yang terkumpul dalam tiga bulan itu dinilainya fantastis. Dan baru pertama kalinya terjadi di kabupaten ini. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 600 juta,” kata Gunawan Wibisono.

Menurutnya, sampai dengan penutupan masa pengumpulan dana pada bulan Oktober 2018, sebagian kelompok kerja (pokja) yang dibentuk untuk mengumpulkan dana masih menerima dana dari berbagai pihak. Sumbangan dana yang masuk setelah berakhirnya masa pengumpulan dana PMI akan dibukukan sebagai sumbangan tidak mengikat.

Hasil Bulan Dana PMI 2018 ini diserahkan kepada Bupati Semarang H Mundjirin, selanjutnya diserahkan kepada Ketua Umum PMI Kabupaten Semarang Hj Bintang Narsasi Mundjirin.

“Kami menghargai dukungan dari seluruh unsur masyarakat pada  masa Bulan Dana PMI. Tahun lalu diperolehan Rp 600 juta lebih dan ini boleh dikatakan sudah sangat tinggi. Namun, tahun ini dapat menembus angka Rp 1 Miliar,” kata Bupati Semarang H Mundjirin.

Sekda Gunawan Wibisono menambahkan, bahwa pengumpulan dana yang melebihi target ini tidak lepas dari pembentukan sepuluh kelompok kerja (pokja) yang bekerja maksimal dan potensi pengggalangan dana dari masyarakat sangat besar. Diantaranya dengan menggandeng perusahaan skala nasional dan internasional yang kerja sama menggalang dana oleh pokja. Mekanisme khusus dilaksanakan oleh pokja agar potensi itu dapat dimaksimalkan perolehannya.

“Tahun 2018 ini, targetnya terkumpul Rp 350 juta namun akhirnya berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1.047.575.490. Untuk tahun lalu, terkumpul Rp 633.709.073. Dana tersebut berhasil dikumpulkan dari sembilan pokja yang telah dibentuk untuk mengumpulkan dana. Pokja tersebut adalah pokja pendidikan, pokja sektor tenaga kerja, pokja sektor kesehatan, pokja sektor keuangan dan pokja sektor ekonomi. Dan salah satu pokja berhasil menggalang dana lewat media sosial (medsos) dan terkumpul dana mencapai Rp 50 juta,” jelas Gunawan Wibisono.

Sedangkan, Ketua Umum PMI Kabupaten Semarang, Hj Bintang Narsasi Mundjirin menyatakan, pihaknya sangat berterima kasih atas kinerja panitia bulan dana PMI yang dipimpin Sekda Gunawan Wibisono. Dana yang terkumpul ini selanjutnya akan digunakan untuk merealisasikan program-program kemanusian PMI seperti penanggulangan bencana, program siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT), donor darah dan pembinaan generasi muda sebagai sukarelawan PMI. (JND / Heru)


Editor: M.Nur

Iklan