Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Kekeringan Melanda, Rumah Zakat Beri Bantuan 28.000 Liter Air Bersih

Redaksi
Rabu, 07 November 2018, 10:34 WIB Last Updated 2018-11-07T03:34:58Z
Salatiga,harian7.com - Relawan Inspirasi Rumah Zakat Kota Salatiga, Selasa (6/11/2018) memberikan bantuan air bersih kepada warga Salatiga yang mengalami kekeringan selama musim kemarau. Adapun wilayah yang mendapatkan bantuan air yaitu di Dusun Ploso, Dusun Kembang, dan Dusun Randuares. Semua lokasi berada di Kecamatan Argomulyo, Salatiga.

Dwi Pujiyanto, Relawan Inspirasi Rumah Zakat mengatakan bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian Rumah Zakat kepada masyarakat yang terkena bencana kekeringan. Pada kesempatan itu, Rumah Zakat menyalurkan sebanyak tujuh tangki air bersih dengan total 28.000 liter yang bekerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Salatiga untuk pengadaan airnya.

“Dropping air ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang mengalami kekeringan air sejak beberapa bulan terakhir. Rumah Zakat memiliki program yang dinamakan “Berbagi Air Kehidupan”. Dalam kesempatan itu, kami dengan dibantu relawan yang lain yaitu Zaidun menyalurkan ke beberapa titik lokasi diantaranya Ploso dua titik, Kembang dua titik, dan Randuares empat titik,” kata Dwi Pujiyanto kepada harian7.com, Rabu (7/11/2018).

Dalam kesempatan itu, turut hadir Muh. Haris, Wakil Walikota Salatiga juga membersamai dropping air bersih yang dilakukan oleh Rumah Zakat. Di sela acara ia menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat dan berbagai pihak yang membantu masyarakat Kota Salatiga yang kesulitan mendapatkan air bersih dikarenakan musim kemarau yang panjang sehingga menyebabkan air PAM mati dan sumur-sumur warga mengalami kekeringan.

“Terima kasih Rumah Zakat yang telah membantu air bagi masyarakat kami di Kota Salatiga. Beberapa tempat di Kota Salatiga mengalami kesulitan air lantaran air PAM mati karena debit air selama musim kemarau berkurang selain itu sumur-sumur warga juga mengalami kekeringan,” kata Muh. Haris.

Hal senada juga diungkapkan oleh Waluyo, Ketua RW 07 Dusun Kembang, Kelurahan Randuacir mengucapkan terima kasih kepada relawan dari Rumah Zakat yang telah membantu air bersih kepada warga di Dusun Kembang. Ia menceritakan setiap hari warga selalu antre menunggu dan mengandalkan bantuan air dari orang lain. Kesulitan air yang dialami warga sudah beberapa bulan terakhir ini. Sehingga warga harus berhemat dalam penggunaan air baik untuk keperluan mandi, mencuci, minum, memasak, dan kebutuhan yang lainnya.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu warga kami. Ya, beginilah pemandangan setiap hari. Warga kami bersama-sama mengantrekan ember atau dirigen airnya di tempat penampungan. Mereka sangat gembira manakala tangki air datang. Itu yang mereka tunggu-tunggu setiap hari,” kata Waluyo.(Muza)

Iklan