Iklan

Iklan

,

Iklan

Karang Taruna Desa Karangkandri Bangkit Kembali

Redaksi
Senin, 12 November 2018, 00:28 WIB Last Updated 2018-11-11T17:28:07Z
Cilacap, Harian7.com - Karang taruna Desa Karangkandri yang sudah lama tidak aktif, kini bangkit kembali. Kebangkitan karang taruna Desa Karangkandri yang diberinama Sido Mukti dimotori Teguh Sulistyo Nurrudin ini dilantik Kepala Desa Karangkandri, Kesugihan, Cilacap, Casim.

Pelantikan pengurus karang taruna Sido Mukti diprakarsai PT Sumber Segara Primadaya (S2P) Cilacap diisi dengan Pelatihan Penanganan (Mitigasi) Bencana dilaksanakan Minggu (11/11/2018) di gedung Serba Guna Balai Desa Karangkandri.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Karangkandri Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Casim mengatakan perlu adanya karang taruna di desa untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para pemuda agar lebih terarah dan memiliki kegiatan yang positif.

"Kami sangat mendukung dan mengapresiasi adanya Karang Taruna di Desa Karangkandri serta berharap para pemuda Karang Taruna bisa bersinergi dengan Pemerintah, masyarakat dan lingkungan," katanya.

Usai dilantik, pengurus dan anggota karang taruna Sido Mukti mengikuti pelatihan penanganan (mitigasi) bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap dan Basarnas.

Saat ditemui usai acara, Ketua karang taruna terlantik, Teguh Sulistyo Nurrudin mengatakan, adanya Karang Taruna sebagai wadah pergerakan pemuda di Desa Karangkandri.

"Kita berkomitmen atas segala yang dilakukan oleh pengurus Karang Taruna Desa Karangkandri adalah murni untuk masyarakat dan pemuda demi kemajuan bersama," katanya.

Program kedepan, menurutnya akan melakukan penanam, penghijauan serentak di Desa Karangkandri sebagai bentuk kepedulian Karang Taruna terhadap masyarakat dan lingkungan.

"Karang Taruna desa sempat mengalami vakum sekitar lima atau sepuluh tahun dan kini telah terbentuk kepengurusan baru yang siap untuk menjalankan tugas kedepan," ungkapnya.

Sementara, Staf PT S2P, Joko mengucapkan selamat kepada pengurus karang taruna Sido Mukti yang baru dilantik, semoga karang taruna Sido Mukti semakin maju dan berguna bago lingkungan.

Disinggung mengenai pelatihan penangan (mitigasi) bencana, Joko mengatakan diadakannya Mitigasi karena dinilai sangatlah tepat, mengingat Desa Karangkandri merupakan daerah berdekatan dengan laut yang rawan bencana khususnya gempa dan tsunami.

"Desa Karangkandri merupakan ring I PLTU lokasinya sangat berdekatan dengan laut, sehingga penting adanya pelatihan tersebut bagi masyarakat khususnya pemuda," katanya.

Dia menambahkan ini baru permulaan dan nantinya juga akan diadakan simulasi dilapangan, sehingga para pemuda yang mengikuti pelatihan dapat menolong yang lain.

"Diharapkan dengan pelatihan ini dapat bermanfaat untuk pengurus karang taruna terlantik, dan dengan kepengurusan karang taruna yang baru dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar serta bisa menjadi panutan," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan