Iklan

Iklan

,

Iklan

Danrem 071/Wijayakusuma Pimpin Sertijab Dandim 0703/Cilacap

Jumat, 23 November 2018, 17:20 WIB Last Updated 2018-11-23T10:47:18Z
Banyumas, Harian7.com - Komandan Korem (Danrem) 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana SSos MM MHan, Jumat (23/11/2018), memimpin serah terima jabatan (sertijab) Komandan Kodim (Dandim) 0703/Cilacap dari pejabat lama Letkol Inf Yudi Purwanto SM kepada Letkol Inf Wahyo Yuniartoto SE MTr (Han) di ruang data Makorem 071/Wijayakusuma.

Hadir para Dandim di jajaran Korem 071, prajurit TNI, Ketua Persit KCK Korcab Rem 071 Ny Anita Dani Wardhana beserta ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVIII Korcab Rem 071 PD IV/Diponegoro.

Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana mengucapkan selamat kepada Letkol Inf Wahyo Yuniartoto yang telah dipercaya Pimpinan TNI-AD menjabat Dandim 0703/Cilacap menggantikan Letkol Inf Yudi Purwanto.

Letkol Inf Yudi Purwanto selanjutnya akan menjabat Kasrem 074/Warastratama.

Danrem juga memberikan wejangan Tour Of Duty dan Tour Of Area, tujuannya memberikan pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas kepada perwira yang melaksanakan serah terima jabatan.

“3Siapapun yang dipercaya menempati jabatan dalam struktur TNI-AD dituntut kemampuannya untuk mampu berprestasi sesuai dengan tugas, jabatan, dan pangkat yang diemban,” tegas Danrem.

Menurut Danrem, secara geografis wilayah Kodim 0703/Cilacap posisinya berada di jalur pantai selatan yang berbatasan dengan wilayah Jawa Barat, dan sebagian besar masyarakatnya bermata pencarian nelayan tradisional.

“Di Kabupaten Cilacap juga terdapat obyek vital berupa kilang minyak terbesar di Indonesia serta Pulau Nusakambangan, dimana terdapat beberapa lapas yang diperuntukkan bagi narapidana dan tahanan politik,” imbuhnya.

Danrem menandaskan, dengan kondisi yang demikian maka tugas Kodim 0703/Cilacap tidak terbatas pada upaya pembinaan satuan saja, tetapi dituntut peran dan kemampuannya untuk membina teritorial, sehingga wilayahnya tetap dalam kondisi aman, maju, dan terus berkembang.

“Kepada Dandim 0703/Cilacap yang baru, saya perintahkan agar segera berorientasi dan mencermati aspek geo demo konsos di wilayahnya dalam rangka mengantisipasi terjadinya hal-hal negatif yang bisa muncul dan berkembang setiap saat serta selalu bekerja sama dengan aparat pemerintah daerah, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan komponen bangsa lainnya,” tegasnya.

Terkait agenda nasional Pilpres dan Pileg tahun 2019, dan yang saat ini memasuki tahap kampanye, Danrem mengharapkan kepada seluruh prajurit jajaran Korem 071/Wijayakusuma agar memegang teguh netralitas TNI.

Selain itu, korupsi yang merupakan salah satu perusak dan penghambat tujuan nasional bangsa, sehingga TNI-AD khususnya Kodam IV/Diponegoro beserta seluruh jajarannya, termasuk Korem 071/Wijayakusuma, berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi yang bersih dan bebas dari KKN serta meningkatkan pelayanan publik.

“Berdasar hal tersebut, pada tanggal 9 November 2018, Pangdam IV/Diponegoro telah melakukan penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas dan Pakta Integritas Bebas Korupsi di Aula Makodam IV/Diponegoro bersama dengan sejumlah kepala satuan kerja di jajaran Kodam IV/Diponegoro,” ungkapnya.

Bersamaan dengan acara sertijab Dandim 0703/Cilacap, juga dilaksanakan sumpah jabatan dan penandatanganan Pakta Integritas bebas korupsi.

Danrem juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Yudi Purwanto atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya dengan baik.

“Berbekal pengetahuan dan pengalaman sebagai Dandim, saya harapkan Saudara akan mampu dan berhasil mengemban tugas yang baru sebagai Kasrem 074/Warastratama,” pungkas Danrem.

Jabatan Ketua Persit Diserahterimakan

Usai sertijab Dandim 0703/Cilacap, secara otomatis kepengurusan Persit juga dilakukan serah terima jabatan Ketua Persit KCK Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap.

Di tempat yang sama, Ketua Persit Korcabrem 071 Ny Anita Dani Wardhana memimpin serah terima jabatan Ketua Cabang Persit Kodim 0703/Cilacap dari Ny Ita Yudi Purwanto kepada Ny Ina Wahyo Yuniartoto, Jumat (23/11).

Dijelaskan oleh Ketua Persit Korcabrem 071 Ny Anita Dani Wardhana, sudah menjadi tradisi organisasi TNI-AD bahwa setiap kali terjadi mutasi jabatan pimpinan satuan, maka diikuti dengan serah terima jabatan Ketua Organisasi Persit KCK Cabang.

“Momentum ini menunjukkan bahwa kehadiran organisasi istri prajurit dalam jajaran instansi TNI-AD tidak dapat dipisahkan karena melekat secara ekstra struktural,” kata Ny Anita.

Menurutnya, pergantian pengurus merupakan hal yang wajar, karena perubahan atau pergantian pengurus tersebut pada hakekatnya hanya berubah

“gaya” dan “seni” cara memimpin saja. “Namun yang paling penting justru bagaimana pergantian ketua organisasi Persit ini mampu meningkatkan optimalisasi kinerja organisasi, sehingga dari waktu ke waktu makin banyak manfaat yang dapat dirasakan baik oleh satuan, masyarakat, bangsa, dan negara,” jelasnya.

Selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Korcab Rem 071/WK, atas nama pribadi mengucapkan selamat kepada Ny Yudi Purwanto dan Ny Wahyo Yuniartoto yang saat itu melaksanakan serah terima jabatan, semoga dengan serah terima jabatan ini akan membawa suasana yang baru dan lebih baik bagi peningkatan prestasi organisasi Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap.

“Mulai saat ini Ny Wahyo Yuniartoto secara organisasi menjabat sebagai Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap, untuk itu diharapkan akan menambah suasana yang baru kepada seluruh anggotanya sehingga akan dapat meningkatkan prestasinya,” kata Ny Anita.

Dia juga berharap agar Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XVIII Dim 0703/Cilacap kedepannya mampu meningkatkan aktivitas dan perannya, mampu mengikuti berbagai perkembangan dinamika dan kegiatan organisasi kewanitaan di lingkungannya tanpa meninggalkan kodratnya sebagai istri prajurit serta mampu membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Di akhir sambutannya, Ketua Persit Korcab Rem 071 mengucapkan terima kasih dan selamat jalan kepada Ny Yudi Purwanto atas prestasi dan pengabdiannya dengan baik.

“Semoga dengan bekal pengetahuan sebagai Ketua Persit saya doakan semoga ibu mampu dan berhasil mengemban tugas barunya sebagai Wakil Ketua KCK Korcab Rem 074/Warastratama,” pungkasnya. (Rusmono)

Iklan