Iklan

Iklan

,

Iklan

BPBD Kabupaten Semarang Bentuk Posko Tanggap Darurat di Setiap Kecamatan dan Bentuk TRC

Redaksi
Kamis, 15 November 2018, 18:00 WIB Last Updated 2018-11-15T11:17:55Z
Ungaran,harian7.com - Menghadapi musim penghujan dan ancaman banjir, Longsor serta Angin Puting Beliung, BPBD Kabupaten Semarang menggelar rakor tanggap bencana di gedung pertemuan BPBD Kabupaten Semarang, Kamis (15/11/2018).

Dalam acara tersebut turut dihadiri dari Bupati Semarang, yang diwakili Sekda Kabupaten Semarang, Drs. Gunawan Wibisono,MM., Kapolres Semarang yang diwakili Kasi Krantib Ipda Sugi dan Kodim 0714 Salatiga Danpabung Mayor Inf. Kadarusman, Camat se Kabupaten Semarang, Instansi Kabupaten Semarang dan relawan Kabupaten Semarang, seperti Bankom Polres Semarang dan Satkom Bergas Ceria.

Ka. BPBD Kab Semarang, Drs Heru Subroto menyampaikan setiap kecamatan wajib dibuat posko siaga kebencanaan antisipasi bencana dan mulai dini kecamatan melakukan pembersihan sampah-sampah di selokan maupun di sungai di wilayahnya, supaya pada waktu musim penghujan bisa teratasi.

"BPBD Kabupaten Semarang juga membentuk TRC (Tim Reaksi Cepat) yang berada di Posko BPBD Kabupaten Semarang,"katanya.

Sekda Kabupaten Semarang, Drs. Gunawan Wibisono,MM menambahkan, "segera bentuk TRC Kabupaten Semarang, dan siapkan posko-posko di setiap Kecamatan, sehingga bila ada kebencanaan bisa cepat dan langsung teratasi.

"Dengan tugas, melakukan pendampingan, pengkajian, cepat situasi dan kebutuhan penanganan darurat kebencanaan, Penanganan awal kedaruratan bencana (penyelamatan evakuasi korban, pemenuhan kebutuhan dasar, pemulihan fungsi sarpras vital dan Melaporkan pengkajian cepat kepada BPBD Kabupaten Semarang,"ungkapnya.

Sekda Kabupaten Semarang, memperintahkan semua UPTD Kabupaten Semarang, mempersiapkan kebutuhan dan keperluan tanggap darurat kebencanaan, seperti logistik dan lain-lain.(Arie Budi)

Iklan