Iklan

Iklan

,

Iklan

Terobosan Baru, PDAM Kabupaten Semarang Bentuk “Juru Tuntas”

Redaksi
Selasa, 16 Oktober 2018, 04:04 WIB Last Updated 2018-10-15T21:04:52Z
UNGARAN, harian7.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Semarang melakukan terobosan baru lagi dengan membentuk “Juru Tuntas”. Juru Tuntas ini nantinya sebagai jembatan masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan pelanggan PDAM dan intinya pelanggan tidak harus datang ke kantor PDAM terdekat. Demikian diungkapkan Denny Ariawan, Dirut PDAM Kabupaten Semarang kepada harian7.com, Senin (15/10).

        “Intinya, Juru Tuntas ini sebagai ‘kolektor’ dalam pembayaran tagihan PDAM. Dan masyarakat atau pelanggan untuk membayar tagihan PDAM tidak perlu mendatangi kantor PDAM terdekat namun dapat melalui Juru Tuntas ini. Dan terus terang, PDAM merasa optimis akan meningkatkan pendapatan melalui Juru Tuntas ini,” katanya.

        Menurut mantan komisioner KPU Kabupaten Semarang ini, bahwa melalui Juru Tuntas ini, justru masyarakat berpenghasilan rendah tingkat kepatuhan dalam pembayaran tagihan itu sangat tinggi. Sebagai contoh yang telah berjalan atau terlaksana, di daerah Pringapus justru yang menjadi Juru Tuntas adalah seorang wanita atau ibu-ibu dan dengan telaten mengumpulkan tagihan pelanggan PDAM. Para pelanggan pun menyambut baik dan mendukungnya.

        Dengan terbentuknya Juru Tuntas ini, tingkat kepatuhan pelanggan akan dapat meningkat mencapai 80% dan sebagai ‘pemacu’ kerja, Juru Tuntas ini akan mendapatkan fee sebesar Rp 50.000. Namun, kedepan apabila pendapatan semakin meningkat melalui Juru Tuntas ini, maka fee juga aan dinaikkan.

        “Silakan saja, masyarakat ataupun pelanggan PDAM ikut mendaftarkan diri menjadi Juru Tuntas, ini akan mendukung program dari PDAM Kabupaten Semarang. Untuk sementara, fee yang dapat kami berikan Rp 50.000 dan terus terang ini salah satu pengembangan dalam pelayanan PDAM kepada masyarakat,” tandas Denny. (Heru)

Iklan