Iklan

Iklan

,

Iklan

Sekda Cilacap Buka Bursa Inovasi Desa Tahun 2018

Redaksi
Rabu, 31 Oktober 2018, 17:35 WIB Last Updated 2018-10-31T10:35:14Z
Cilacap, Harian7.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Cilacap menggelar Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 dengan tujuan memperkenalkan produk-produk dari desa kepada masyarakat.

Acara yang diselenggarakan, Rabu (31/10/2018) di gedung Graha Pemuda Bercahaya dibuka Sekda Kabupaten Cilacap Drs.Farid Ma'ruf, MM ditandai dengan pemukulan gong itu dihadiri Kepala Dispermades, Achmad Arifin Santosa, SH, MM, Forkopimda Cilacap, Kepala Desa se-Kabupaten Cilacap, dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Cilacap.

Menurut Sekda Cilacap, Drs.Farid Ma'ruf, MM inovasi bursa desa ini merupakan potensi yang tersembunyi, sehingga perlu digali dan dikembangkan agar nantinya dapat menghasilkan.

"Dengan diselenggarakannya bursa inovasi desa yang diadakan Dispermades, itu sangat tepat," katanya, saat ditemui usai acara.

Bursa inovasi desa kali ini, jelasnya merupakan kali kedua yang diadakan Dispermades Cilacap, dan mudah-mudahan kedepan lebih banyak yang mengikuti.

"Diperlukan sinergitas yang baik dari pihak terkait dalam hal ini, dan inovasi desa di Cilacap harus benar-benar dikawal serta dikembangkan dengan baik demi kemajuan Desa," ungkapnya.

Dia menambahkan, kurangnya respon dari masyarakat terkait inovasi desa, dan kami akan berupaya kedepan untuk mengembangkan potensi yang ada di desa, sehingga nantinya akan tumbuh inovasi baru.

Dalam acara tersebut beragam inovasi desa dipamerkan seperti, mesin pencacah gedebog pisang, mesin pemecahan kulit kerang, mesin pencetak pelet ikan, mesin pencacah limbah organik, kopi robusta buatan lokal, cabai merah Desa Hanum Kecamatan Dayeluhur, durian bawor Sampang dan lainnya.

"Kami berharap kedepan inovasi desa dapat berkembang di Cilacap dengan binaan dinas terkait agar lebih maju yang nantinya berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan