Iklan

Iklan

,

Iklan

Rumah Zakat Hibur Santri TPQ dengan Cerita Islami

Redaksi
Selasa, 16 Oktober 2018, 17:28 WIB Last Updated 2018-10-16T10:29:50Z
Salatiga,harian7.com - Rumah Zakat menghibur 70 santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Iman Dusun Warak RW 06 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti dengan cerita islami, Senin (15/10).
Cerita islami  yang dilaksanakan di Masjid Nurul Iman ini bertujuan untuk menanamkan pendidikan karakter yang baik kepada santriwan dan santriwati TPQ. Cerita kali ini menghadirkan pendongeng yang sudah rutin mengisi acara cerita atau dongeng di radio dan stasiun TV yang dikenal dengan Mr. O. Nama asli beliau adalah Ustadz Tumidi.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Berdaya Dukuh, Dwi Pujiyanto mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi para santri TPQ untuk terus menghadiri kegiatan belajar membaca Al-Qur’an. Sehingga akan lahir generasi yang sholih dan sholihah serta fasih dalam membaca kitab suci Al-Qur’an.

“Kami berharap acara menyimak cerita islami yang disampaikan oleh pendongeng yang handal ini dapat meningkatkan motivasi para santri untuk hadir dalam kegiatan TPQ setiap sore hari. Sehingga mereka akan tumbuh menjadi generasi yang sholih dan sholihah serta hafal Al-Qur’an,” kata Dwi Pujiyanto kepada harian7.com.

Dalam kesempatan tersebut, Mr. O, Pendongeng yang mengisi acara dongeng di Wesal TV menyampaikan cerita seorang ulama  yang bernama Urwah Bin Zubair. Urwah Bin Zubair adalah seorang tabi’in yang memiliki kesabaran yang tinggi saat kakinya diamputasi karena penyakit. Selain itu ia sangat baik interaksinya terhadap Al-Qur’an bahkan saat usianya masih belasan tahun ia sudah hafal Al-Qur’an.

“Adik-adik mau mendengarkan cerita dari Mr. O?”, kata Mr. O. Dengan serentak para santri menjawab, “mau!,” kata para santri.

“Urwah bin Zubair adalah seorang ulama yang sangat sabar. Ketika ia harus dipotong satu kakinya karena penyakit, ia mengatakan masih tersisa kaki satunya lagi. Ketika ia mendapatkan kabar bahwa anaknya meninggal karena ditendang kuda. Ia mengatakan masih mempunyai anak yang lainnya. Selain itu ia juga hafal Al-Qur’an,” kata Mr. O yang dalam penyampaiannya dipenuhi dengan humor dan canda tawa yang sangat menarik.

Endang, salah satu pengajar TPQ Nurul Iman menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut. Ia berharap secara rutin nantinya kegiatan serupa atau kajian dengan topik lainnya bisa dilaksanakan untuk membekali anak-anak dengan agama islam yang kokoh.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat. Semoga bisa dilanjutkan dengan kegiatan atau program yang lainnya agar anak-anak di sini bisa termotivasi untuk belajar membaca Al-Quran dan mempelajari ilmu-ilmu agama Islam,” kata Endang.

Di akhir acara para santri TPQ mendapat minum dan jajanan yang diberikan dari Rumah Zakat. Selain itu juga dilakukan sharing tentang pengelolaan TPQ bersama pengasuh.(Muza)

Iklan