Iklan

Iklan

,

Iklan

Puncak Hut TNI Ke-73 Digelar Di Lanumad Ahmad Yani Semarang

Redaksi
Jumat, 05 Oktober 2018, 02:10 WIB Last Updated 2018-10-04T19:13:51Z
SEMARANG,harian7.com - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI di wilayah Jateng dan DIY  siap digelar di Lanumad  Ahmad Yani Semarang pada Jumat (5/10/2018), setelah semua kesiapan kini rampung.

Kegiatan gladi bersih parade dan defile pasukan dari berbagai satuan Angkatan Darat, Laut dan Udara sudah berbaris rapi siap mengikuti latiahn Kamis (4/10/2018). Berbagai macam Alutsista TNI dari ketiga matra  pun sudah tergelar dan tertata apik menghiasi sisi lapangan upacara.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Zaenudin, S.H. M.Hum mengatakan apa yang disiapkan pada HUT ke- 73 TNI yang sekaligus HUT ke- 68 Kodam IV/Diponegoro, semata-mata untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa TNI itu milik Rakyat, sehingga TNI harus bisa membanggakan si pemiliknya. Apa yang dimiliki TNI juga milik rakyat karena semua dibeli dengan uang rakyat.

Menurutnya, usai upacara besok dijadwalkan akan digelar pameran Alutsista yang akan berlangsung 5-7 Oktober 2018. Alutsista hari ini sudah terpajang di lapangan dan dapat dilihat langsung dari dekat oleh para pengunjung, termasuk Heli Apache dan Rudal Starstreak, Tank, Panser Anoa, kendaraan tempur Marinir dan sebaginya, bahkan masyarakat juga akan diberi kesempatan untuk naik kendaraan tempur TNI tersebut.

“Kita memiliki Heli Apache dan Rudal Starsteak yang baru memperkuat TNI AD, silahkan masyarakat menyaksikan dan melihat dari dekat. Karena apa yang dimiliki TNI juga milik rakyat, serta kebahagiaan rakyat adalah kebahagiaan TNI,” ujarnya.

Kemeriahan, lanjutnya, juga terlihat dibekas kantor Bandara A Yani. Sudut-sudut ruangan yang semula kosong karena pindah lokasi ke Bandara yang baru, disulap menjadi aneka macam stand pameran yang diikuti oleh berbagai satuan TNI, Pemda dan BUMN.

Masyarakat bisa berinteraksi di dalam pameran tersebut, untuk saling berbagi dan tukar-menukar informasi,” tuturnya.

Kegiatan HUT besok akan dimulai pukul 08.00 WIB dan dijadwalkan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto akan bertindak sebagai Irup. Selesai upacara dilanjutkan parade dan defile, serta demo beladiri dan penampilan Drum Band Caka Lokananta dari Akademi Militer termasuk pagelaran penata musik.

Usai upacara dan rangkaiannya, akan dilanjutkan syukuran dan pembukaan pameran Alutsista.

Pada malam harinya, masih di tempat yang sama, masyarakat Jateng akan menggelar doa bersama (tabligh akbar) bertemakan Doa Persembahan Ibu Kandung (Rakyat) untuk Anak Tercinta (TNI-Polri) yang akan dipimpin oleh Al Habib Maulana M. Luthfi bin Ali bin Yahya (Habib Luthfi) dan tokoh-tokoh lintas agama serta tokoh masyarakat Jateng. (Andi Saputra)

Iklan