Iklan

Iklan

,

Iklan

Proyek Pemancangan Muara Kaliyasa Tunggu Sheet Pile

Redaksi
Selasa, 23 Oktober 2018, 12:03 WIB Last Updated 2018-10-23T05:09:42Z
Cilacap, Harian7.com - Proyek pemancangan sheet pile muara Kaliyasa masih harus menunggu datangnya sheet pile yang habis.

Saat ditemui, Kepala Bidang Sungai dan Pantai Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap, Imam Jauhari ST mengatakan sampai Jumat (19/10) progres pemancangan sudah mencapai sekitar 98 sheet pile pada sisi kiri muara Kaliyasa.

"Pemancangan sempat berhenti karena Sheet pile habis, namun informasinya Sabtu (20/10) sudah datang lagi," katanya.

Sesuai gambar, jelas Imam pekerjaan pada sisi kiri yang akan dipancang sepanjang 800 meter. Setelah berkomunikasi dengan konsultan perencana kegiatan ada perubahan panjang menjadi 800 meter dari rencana awal hanya 300 meter.

"Informasi yang kami terima terdapat beberapa pekerjaan yang ditambah kurangkan agar keinginan menjadikan Cilacap sebagai Singapore of Java dapat lebih mengena," tandasnya.

Dia menambahkan, kalau hanya 300 meter pemancangan tidak sampai tepi muara yang di dekat Pertamina. Meski terdapat perubahan, anggaran yang disediakan tetap.

"Saat ini sendiri kegiatan baru pada proses konstruksi sheet pile, trotoar dan drainase saja. Program tersebut merupakan program lanjutan," ungkapnya.

Menurut Imam, kegiatan dengan kontrak single years tetapi dikerjakan dengan program multi years yang akan selesai di akhir tahun dan bisa berlanjut.

"Fungsi utama Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) salah satunya yaitu pengendalian banjir tanpa mengesampingkan pengemasan Kaliyasa sedemikian rupa untuk menjadi daya tarik Cilacap," tegasnya.

Lebih lanjut Imam menjelaskan, yang saya lihat di lapangan sheet pile bagian atas yang retak-retak nanti dipotong. Retak-retak di atas batas yang ditentukan itu dibuang. (Rusmono)

Iklan