Iklan

Iklan

,

Iklan

PMI dan Komunitas Kuliner Salatiga Galang Dana Untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Redaksi
Sabtu, 13 Oktober 2018, 16:08 WIB Last Updated 2018-10-13T09:10:37Z
Salatiga,harian7.com - Ratusan netizen Komunitas Facebook Kuliner Salatiga bersama PMI Salatiga menggelar baksos penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, dengan tema Old and Now Salatiga Culinary, Jumat (12/10/2018) malam.
Dalam acara ini diadakan festival kuliner yang diikuti sebanyak 40 stand kuliner yang tergabung dari komunitas group facebook Kuliner Salatiga.

Adapun dari 40 stand kuliner tersebut diantaranya 16 stand menyajikan masakan tradisional dan 24 stand yang menyajikan masakan kekinian.

"Acara ini terlaksana berkat dukungan  komunitas group  facebook Komunitas Kuliner Salatiga, dengan kepanitiaan dibentuk oleh seluruh anggota group, sehingga kami dapat memberi sedikit peran dalam Festival Kuliner III dan malam penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, oleh PMI Kota Salatiga," kata Mafud selakuKetua Panitia Festival Kuliner III Salatiga kepada harian7.com.

Dalam acara malam penggalangan dana turut dihadiri  PMI Kota Salatiga, Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., Ketua PMI Kota Salatiga Muh. Haris, S.S., M.Si., Kapolres Salatiga yang diwakili oleh Kapolsek Sidorejo AKP Harjan, Dandim 0714/Salatiga diwakili oleh Danramil 01/Kota Salatiga Kapten Inf Joko S, Sekda Kota Salatiga dan segenap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Salatiga, serta tamu undangan dari berbagai komunitas yang ada di Kota Salatiga.

Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., dalam sambutan pembukaan Festival Kuliner III serta Malam Penggalangan Dana Korban Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Sulawesi Tengah, menyampaikan, "Kegiatan atau kalender tahunan ini masih bisa diselenggarakan oleh berbagai komunitas di Salatiga sebagai wujud persembahan kepada masyarakat bahwa pelaku usaha kecil di bidang kuliner sangat bervariatif di Kota Salatiga, dengan tema 'Old and Now Qulinary', menjadi terobosan yang sangat positif ditengah - tengah perkembangan informasi teknologi dapat dimanfaatkan dengan baik untuk penyebarluasan informasi bahwa masyarakat berperan aktif untuk berkembangnya UMKM di Kota Salatiga," kata Yulianto.

Pada kesempatan ini Yulianto, juga memberikan apresiasinya kepada komunitas Kuliner Salatiga yang telah berperan dalam pengembangan UMKM sebagai salah satu dari tiga prioritas pembangunan di Salatiga di bidang Pendidikan, Kesehatan dan UMKM. Dan berharap agar komunitas kuliner Salatiga dapat bersinergi dengan OPD terkait agar lebih berkembang dengan baik.

"Apresiasi saya berikan kepada komunitas kuliner dalam mengambangkan UMKM, sebagai salah satu dari tiga sasaran pembangunan di Salatiga dalam bidang Pendidikan, Kesehatan dan UMKM, dan saya harap komunitas kuliner ini dapat bersinergi kepada OPD terkait agar dapat berkembang dengan baik," harap Yulianto.

Selepas memberikan sambutan, Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M., membuka festival kuliner III dengan memukul gong dan berkeliling melihat seluruh stand peserta festival.

Penerimaan Bantuan Bencana

Selepas ikut berkeliling dengan Walikota Salatiga, meninjau seluruh stand kuliner, Ketua PMI Kota Salatiga Muh Haris, S.S., M.Si., yang juga sebagai Wakil Walikota Salatiga, memberikan sambutan sebelum menerima bantuan donasi dari para dermawan.

“Atas nama PMI Kota Salatiga, saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dan donator yang telah menitipkan donasinya melalui PMI Kota Salatiga, dan PMI Kota Salatiga, siap menerima donasi untuk disalurkan ke daerah bencana,” ucap Muh Haris, S.S., M.Si.

Adapun donasi yang terkumpul pada malam penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (12/10/2018) malam adalah sebesar lebih kurang Rp 64 juta rupiah yang berasal dari perorangan, lembaga pemerintah, swasta dan aksi spontan dari para pengunjung.

Selain penggalangan dana untuk korban bencana, beberapa komunitas peduli lingkungan, salah satunya adalah Komunitas Panther Cluster Semarang Raya, memberikan bantuan tempat sampah, yang diterima langsung oleh Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M. (Asb/Muza)

Iklan