Iklan

Iklan

,

Iklan

Kesbangpol Banyumas Gelar Pembinaan Ormas dan LSM

Redaksi
Selasa, 02 Oktober 2018, 16:33 WIB Last Updated 2018-10-02T09:33:00Z
Banyumas, Harian7.com - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan Polres Banyumas dan Kodim 0701/Banyumas, Senin (01/10/2018) Menggelar pembinaaan Ormas yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan solidaritas antar Ormas di kabupaten BMS.

Pembinaan yang dilaksanakan di aula Kodim 0701/ Banyumas menghadirkan narasumber dari Dinas Kesbangpol Banyumas, Kapolres Banyumas dan Dandim 0701/Banyumas mengangkat tema 'Peran Serta Ormas(Organisasi Masyarakat) dan LSM (Lembaga Sosialisasi Masyarakat) dalam rangka ikut serta mensukseskan pemilu yang damai dan aman di Kabupaten Banyumas tahun 2019'.

Dalam sambutanya kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K mengatakan melalui kegiatan ini, Ormas dan LSM untuk bisa mensosialisasikan serta ikut mensukseskan jalannya pemilu tahun 2019 mendatang.

"Bisa mematuhi hukum-hukum yang berlaku di NKRI, serta bisa selalu menjaga Kamtibmas di wilayah Kabupaten Banyumas," jelasnya.

Menurutnya, apabila Ormas dan LSM bisa menciptakan rasa aman dan menjaga kondusifitas, maka akan terasa sejuk daerah kita ini. Sehingga pembangunan Nasional akan tercipta dengan merata.

Bambang menyarankan ormas jangan melakukan intimdasi terhadap masyarakat dan pemerintah, serta terus dilakukannya koordinasi kepada pihak pemerintah dan kepolisian, sehingga tercipta situasi aman, nyaman dan kondusif.

"Jadilah Ormas yang menghargai perbedaan dan cinta NKRI," tegasnya.

Sementara, Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Wahyu Ramadhanus Suryawan menjelaskan akan adanya ancaman dalam hal Pemilu tahun 2019, baik dari segi politik, isu SARA dan radikalisme, sehingga itu akan mengancam keutuhan NKRI.

"Ormas dan LSM bisa ikut berpartisipasi menjaga NKRI dalam memberdayakan masyarakat," imbuhnya.

Wahyu menjelaskan perlu adanya pembinaan kepada ormas baik dari TNI/ Polri dan Pemetintah Banyumas. Ormas yang membawahi banyak anggota pasti banyak friksi dengan ormas lain.

"Pastinya banyak generasi muda yang membutuhkan pembinaan, dikarenakan banyak anggota ormas beranggotakan anak muda. Jangan sampai generasi muda ini dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab," tegasnya.

Lebih lanjut Dandim mengatakan peran Kodim dalam pemilu itu sendiri, sebagai wadah pembekalan dalam kedisiplinan, keetoskerjaan, dan bisa berkoordinasi dengan pihak terkait.

Perwakilan dari Dinas Kesbangpol Banyumas, Sriyono berharap dengan diadakanya pembinaan ini, pemilu pada tahun 2019 berlangsung aman.

"Rekan rekan ormas bisa membantu mengawasi dan mengamankan pemilu tahun 2019, sehingga terciptanya situasi aman, nyaman dan kondusif di wilayah Kabupaten Banyumas," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan