Iklan

Iklan

,

Iklan

Bupati Cilacap Buka TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018

Redaksi
Senin, 15 Oktober 2018, 14:29 WIB Last Updated 2018-10-15T07:29:32Z
Cilacap, Harian7.com - Bupati Cilacap, H Tatto Suwarto Pamuji Senin (15/10/2018) secara resmi membuka kegiatan TMMD tahap III Tahun 2018 di Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Pembukaan ditandai dengan penandatanganan naskah serah terima dari Bupati kepada Dandim selaku Dan Satgas TMMD dilanjutkan penyerahan peralatan kerja serta pemukulan kentongan oleh Bupati.

Upacara pembukaan TMMD yang dilaksanakan di Lapangan Sindeh, Desa Wringinharjo, Kevamatan Gandrungmangu Cilacap dihadiri Dandim, jajaran Forkopimda serta Kepala OPD, unsur TNI, Polri, Ormas, siswa-siswi sekolah, serta masyarakat umum.

Tampak hadir dalam upacara tersebut Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian beserta Perwira, Ketua Persit KCK Cabang XVIII Ny. Ita Yudi Purwanto dan pengurusnya.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengatakan bahwa TMMD merupakan salah satu cara membantu percepatan pembangunan di daerah pedesaan.

"TNI dan Polri bersama masyarakat secara sengkuyung dalam pelaksanaan kegiatan TMMD di Desa Wringinharjo untuk melaksanakan pembangunan jalan sepanjang 1 km, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RLTH), pembangunan jembatan, gorong-gorong, yang berada di Dusun Sindeh," katanya.

Saya, imbuh Bupati atas nama pemerintah Daerah Cilacap mengucapkan terimakasih yang mendalam karena TMMD ini mewujudkan desa yang maju, sejahtera serta bisa mempetahankan budaya Gotong-royong.

"Dengan Gotong royong atau sengkuyung untuk membangun Desa pasti bisa terlaksanakan dengan baik," kata Bupati.

Sementara, Kepala Desa Wringinharjo, Hasanan menyatakan kegembiraannya karena kegiatan TMMD ini turun didesanya.

Saya, ungkapnya mewakili warga sangat bersyukur karena TMMD turun di desa Wringinjarjo. Dengan adanya TMMD ini diharapkan tarap kehidupan ekonomi masyarakat bisa lebih maju lagi.

"Saya yakin melalui kerjasama antara TNI dan Polri serta masyarakat, semua sasaran program TMMD akan bisa di selesaikan dengan baik dan tepat waktu," ungkapnya.

Warga masyarakat Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu menyambut antusias dibukanya kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0703/Cilacap.

Luapan mereka diekspresikan, dengan memasang bendera merah putih di depan halaman rumah, memasang umbul-umbul disepanjang jalan hingga yang lebih spesial lagi yaitu menyediakan tumpeng dan ingkung ayam sebanyak 36 buah sebagai wujud rasa syukur bahwa desanya menjadi sasaran program TMMD Sengkuyung tahap III ke 103 Kodim 0703/Cilacap.

Dijelaskan Danramil 10/Gandrungmangu Kapten Inf Aguswantoro, antusias warga ini sudah terlihat saat mereka mengetahui bahwa desanya menjadi sasaran program TMMD. Antusias itu mereka wujudkan dalam wujud nyata yaitu membantu Satgas TMMD baik saat pra maupun saat ini, harapannya antusias warga ini diteruskan pada kegiatan TMMD hingga selesai nantinya," jelas Danramil

Terpisah, Kepala Desa Wringinharjo, Hasanan membenarkan pernyataan Danramil Gandungmangu tersebut. Kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan didesanya oleh Satgas TMMD dari Kodim 0703/Cilacap memang sudah di tunggu-tunggu oleh warganya.

"Memang benar apa yang disampaikan Danramil, saya mewakili warga tentunya dengan senang hati menyambut kegiatan TMMD ini dan siap bersama-sama membangun desa," kata Hasanan.

Hasanan menambahkan, warga yang mengetahui terkabulnya TMMD di desanya merasa gembira. Kegembiraan mereka diluapkan dengan membuat tumpeng dan ingkung.

Tumpeng dan ingkung ini, menurutnya merupakan wujud syukur warga atas terkabulnya keinginan warga yaitu kegiatan TMMD di Desa Wringinharjo.

"Semoga dengan kegiatan ini, pembangunan di desa Wringinharjo semakin maju dan tidak tertinggal dengan desa-desa lainnya," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan