Iklan

Iklan

,

Iklan

Apel 3 Pilar Jaga Kondusifitas Pemilu 2019

Redaksi
Selasa, 02 Oktober 2018, 16:42 WIB Last Updated 2018-10-02T09:42:33Z
Cilacap, Harian7.com - Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah Irejn Pol Condro Kirono beserta Pangdam IV Diponegoro Mayjen Wuryanto memimpin apel 3 Pilar yang dilaksanakan di Mapolres Cilacap Selasa (2/10/2018).

Apel dihadiri 700 peserta yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan pemerintah daerah Kabupaten Cilacap yang terdiri dari Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Cilacap.

Sebagai bentuk netralitas Polri, TNI dan ASN perwakilan dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan perwakilan Kepala Desa mengucapkan ikrar netralitas dan siap mendukung dalam Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 yang ditirukan seluruh peserta apel.

Dalam sambutanya Kapolda Jateng, Irjen Pol Cndro Kirono  mengapresiasikan keberadaan 3 pilar yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa Lurah dan Kepala Desa yang  sudah mendedikasikan tugasnya mengabdi kepada masyarakat.

“Yang menjadi Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan Kepala Desa adalah sosok yang baik yang sudah teruji sebagai pemimpin terdepan atau ujung tombak yang tajam pemikirannya, hati nuraninya yang bisa memberikan keteladanan kepada masyarakat,” ungkap Kapolda.

Menurut Kapolda unsur 3 pilar nanti diharapkan bisa merebut simpati dan hati rakyat yang ada di wilayahnya dengan memberikan pelayaan yang baik, sehingga rakyat percaya akan keberadan 3 pilar. 

Netralitas Polri, TNI, dan ASN saat memberikan pelayanan dan pengamanan saat Pilres dan Pileg menjadi harapan masyarakat, sehingga kepercayaan masyarakat akan semakin tinggi dan keadilan dalam berdemokrasi akan terwujud.

Mengakhiri sambutanya, Kapolda berharap kepada 3 pilar  bersama tokoh masyarakat dan ulama bisa menjadi radiator pendingin di masyarakat atau sebagai cooling system saat politik memanas melalui kegiatan olah raga, sosial kesenian dan kebudayaan sehingga situasi lebih mencair.

Sementara, Pangdam IV Diponegoro Mayjen Wuryanto, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari apel 3 pilar ini adalah untuk sinergitas antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan Kepala Desa, sehingga terbentuk soliditas antara ketiganya dalam menyelesaikan secara dini permasalahan yang timbul, sehingga kondusifitas di kewilayah bisa tercapai.

“Jika 3 pilar disinergikan dalam bentuk kegiatan sehari hari maka segala permasalahan akan mudah tertangani dan kondusifitas wilayah akan terwujud,” kata Pangdam.

Apel 3 Pilar diakhiri dengan kegiatan foto bersama sebagai wujud kebersamaan antar Polri, TNI dan unsur pemerintah Kabupaten Cilacap. (Rusmono)

Iklan