Iklan

Iklan

,

Iklan

Rencana Penutupan Jalan Adanya Pembangunan Jembatan Tanggulangin Kudus di Undur Hingga Pertengahan September

Redaksi
Sabtu, 15 September 2018, 18:32 WIB Last Updated 2018-09-15T11:32:04Z
Semarang,harian7.com - Rencana penutupan jalan karena adanya pembangunan Jembatan Tanggulangin Kudus yang semula direncanakan akan ditutup pada Jumat, 14 September 2018 kemarin diundur hingga pertengahan Oktober mendatang.

Selain itu, pengerjaan pembangunan juga akan lebih dipadatkan waktunya agar tetap sesuai rencana yakni dibuka pada akhir Januari 2019.

Kepala PPK Underpass Karangsawah dan Jembatan Kolonel Sunandar CS, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah I Provinsi Jawa Tengah, Alik Mustakim mengatakan,perubahan waktu rencana penutupan yang semula akan di tutup pada 14 September kemarin dan diundur menjadi   pada pertengahan Oktober merupakan instruksi dari Pemerintah Pusat.
 "Diundurnya penutupan jalan dengan tujuan agar tidak terlalu lama mengganggu kelancaran para pengguna jalan, karena memang akan menimbulkan ketersendatan atau antrean kendaraan," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (15/9/2018).

Lebih lanjut Alik menjelaskan pihaknya tetap yakin pembangunan jembatan masih sesuai dengan target sehingga penutupan jalan selama proses pembangunan hanya sekitar tiga setengah bulan. Saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan jalan pendukung di sisi sebelum dan sesudah jembatan masing-masing sepanjang 201 meter.

Pengerjaan jembatan itu ungkapnya merupakan proyek jalan nasional yang dilakukan secara multiyears hingga 13 Juni 2019. Jika sesuai prediksi, pembangunan jembatan akan mencapai 90 persen pada akhir Januari 2019.
 "Jadi nanti di akhir Januari 2019, saat jembatan sudah bisa dilalui memang masih ada sekitar 10 persen pekerjaan tapi itu tidak terlalu mengganggu arus lalu lintas ya. Harapannya saat musim mudik Lebaran nanti semua sudah beres," terangnya.

Diundurnya penutupan jalan ini.  juga semakin memantapkan rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan. Ia menambahkan, kemarin sudah dilakukan simulasi penutupan jalan dan memang ada antrean panjang kendaraan utamanya yang dari arah Semarang menuju Kudus. Simulasi dilakukan untuk kajian-kajian rekayasa lalulintas berikutnya.

Rekayasa lalulintas yang disiapkan yakni melalui satu jalur secara bergantian serta disiapkan juga jalur alternatif. Pada Jalur alternatif akan disediakan penunjuk rambu tambahan yang akan dipasang di titik-titik tertentu, meskipun rutenya cukup jauh.

"Diundurnya penutupan jalan sudah kami sampaikan ke semua pihak juga, jadi penutupan memang diundur tapi waktu pengerjaanya tidak, jadi saat nanti jalan ditutup ya pembangunan langsung segera agar cepat selesai juga," terangnya.

Pembangunan jembatan ini merupakan pengganti dari jembatan lama yang sudah berusia tua karena dibangun sejak 1968. Selain itu empat pilar di bawah jembatan lama mengganggu arus sungai. Alik mengatakan nantinya jembatan lama akan dibongkar seluruhya usai jembatan yang baru sudah selesai dikerjakan.

Paket Jembatan Kolonel Sunandar atau Tanggulangin, Kudus KM SMG 46+060 yakni sepanjang 170 meter terbagi atas tiga bentang, satu bentang tengah sepanjang 80 meter dan dua bentang tepi sepanjang masing-masing 45 meter. Lebar jembatan yakni 9 meter dengan bahu jalan 2 meter dan tetap untuk dua lajur satu arah. Jembatan yang dibangun yakni pada sisi barat arah Semarang-Kudus.(Rud/Puji/Humas Jateng)

Iklan