Iklan

Iklan

,

Iklan

Latih Kemandirian, Siswa SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) ANNIDA Salatiga Diajak Mabit

Redaksi
Senin, 17 September 2018, 15:32 WIB Last Updated 2018-09-17T08:32:51Z
Salatiga,harian7.com - Dalam rangka melatih kemandirian siswa, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) ANNIDA Salatiga membuat program mabit (malam bina iman dan takwa). Sehingga nantinya akan terbentuk mental dan karakter, yang berbasis kepemimpinan dan kemandirian.

Kepala Sekolah SD PTQ ANNIDA Ahmad Fikri Sabiq, S.PdI melalui releasenya kepada harian7.com, Senin (17/9/2018) siang mengatakan, satu dari lima program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang ada dalam kecakapan abad 21 pada kurikulum 2013 adalah untuk membangun kemandirian siswa.

Maka untuk melaksanakan program ini, SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) ANNIDA mengadakan kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) untuk siswa-siswinya.
"Kegiatan Mabit merupakan kegiatan menginap di sekolah selama satu malam dimulai dari sore hari dan selesai pagi hari,"ungkapnya.

Lanjut Fikri, Kegiatan MABIT di semester ini terbagi ke dalam dua tahap, yaitu tahap pertama untuk siswa kelas 3-6 yang dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (31/8-1/9). Sedangkan untuk tahap kedua dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu (7-8/9) untuk kelas 1 dan 2.

"Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk melatih kemandirian siswa. Kami berharap dengan adanya MABIT ini anak-anak bisa menjadi pribadi yang mandiri,  tanggungjawab, dan bisa memupuk rasa kebersamaan,” tutur Fikri.

Selain untuk melatih kemandirian, masih kata Fikri, kegiatan Mabit juga bertujuan untuk memperlancar hafalan Al Quran yang sudah dihafal para siswa dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang menunjang program-program sekolah, seperti hafalan Al Quran, shalat tahajud, bermunajat di malam hari, dan shalat subuh berjamaah.

"Selain kegiatan umum sebagaimana disebutkan diatas, juga ada kegiatan khusus di setiap jenjang acara Mabit. Untuk kelas 3-6, kegiatan Mabit ada tambahan acara mendongeng inspirasi yang bertujuan untuk membangun karakter kedisiplinan anak, tanggungjawab, dan kepedulian,"jelasnya.

Sedangkan untuk kelas 1 dan 2, kegiatan Mabit diisi dengan tutorial wudhu dan shalat dengan harapan agar anak bisa senantiasa memperbaiki kualitas ibadahnya.

Fikri menambahkan, selain kegiatan rohani, Mabit juga diisi dengan kegiatan olahraga bersama. Selain untuk kebugaran fisik, olahraga bersama juga bertujuan untuk menjalin keakraban siswa antar kelas.

"Selama satu tahun, siswa akan mengikuti kegiatan Mabit selama 2 kali, yaitu di pertengahan semester 1 dan 2,"pungkas Fikri. (M.Nur)

Editor: Shodiq

Iklan