Iklan

Iklan

,

Iklan

Karya Bhakti TNI-AL TA 2018 Resmi Ditutup

Redaksi
Jumat, 28 September 2018, 13:36 WIB Last Updated 2018-09-28T06:36:01Z
Cilacap, Harian7.com - Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Imam Wibowo secara resmi menutup Karya Bhakti TNI-AL Tahun Anggaran 2018 yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 25 September 2018 di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan, Kamis (27/9/2018), di Pendopo Kecamatan Cilacap Selatan.

Penutupan Karya Bhakti TNI AL dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Paban VI Wiltasla Spotmar Kolonel Laut (E) Halili, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Yudi Purwanto, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, Pabandya Potwiltasla Spotmar Letkol Laut (P) Asep Muslim Sugiantoro, Asisten III Sekda Cilacap Indro Cahyono, GM Pelindo III Tanjung Intan Cilacap Budi Siswanto, perwakilan Pertamina RU IV Cilacap Bambang Purwito,  Perwakilan KSOP Kelas II Cilacap Nelson, dan perwakilan dari beberapa perusahaan swasta yang ada di Cilacap.

Penutupan diawali laporan hasil kegiatan pelaksanaan oleh Mayor Laut (P) Agus Riyanto.

Dalam pidato sambutannya, Danlanal mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada para undangan yang hadir pada acara puncak sekaligus penutupan Karya Bhakti TNI-AL Tahun Anggaran 2018.

"Kegiatan Karya Bhakti TNI-AL merupakan salah satu program kerja dari staf potensi maritim (Spotmar) dalam melaksanakan Dawilhanla guna menyiapkan ruang alat dan kondisi kejuangan (rak juang) kemaritiman serta  mewujudkan kemanunggalan TNI-AL dan rakyat melalui pembinaan potensi maritim," katanya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan kebijakan pimpinan TNI-AL di mana untuk tahun 2018 wilayah Kabupaten Cilacap terpilih sebagai nominasi daerah dilaksanakannya kegiatan Karya Bhakti TNI-AL.

"Lanal Cilacap ditunjuk sebagai penyelenggara sekaligus pelaksana tugas guna mendukung kelancaran kegiatan tersebut," jelas Danlanal.

Untuk pelaksanaan Karya Bhakti TNI-AL Tahun Anggaran 2018 digelar di wilayah Kecamatan Cilacap Selatan, tepatnya di Kelurahan Tegalkamulyan dan Kelurahan Cilacap selama 25 hari, terhitung sejak 1 hingga 25 September 2018.

"Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dan peran serta antara Lanal Cilacap dan pemerintah kabupaten dengan melibatkan instansi pemerintah, kalangan stake holder, organisasi kemasyarakatan serta komponen masyarakat," terang Danlanal.

Tujuan Karya Bhakti TNI-AL ini yakni membantu Pemkab guna mendukung akselerasi pembangunan wilayah, peningkatan kesejahteraan, dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Cilacap.

"Ini sebagai perwujudan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam menumbuhkembangkan jiwa semangat kebersamaan, rasa kepekaan, dan kepedulian," tandas Danlanal.

Selain itu, yang perlu digarisbawahi, keterlibatan TNI dalam proses pembangunan nasional, khususnya ikut serta mensejahterakan masyarakat, harus dimaknai sebagai panggilan tugas, wujud kepedulian, dan rasa tanggung jawab.

"Sama sekali tidak dimaksudkan untuk melakukan intervensi atau mencampuri kewenangan lembaga lain," tegasnya

Dengan pemahaman tersebut, diharapkan akan diperoleh kesamaan visi dan persepsi dari segenap komponen bangsa untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang adil dan sejahtera.

Kegiatan Karya Bhakti TNI ini meliputi kegiatan fisik dan non fisik, seperti rehab tempat ibadah, TPI, dan Posyandu, serta pelayanan kesehatan umum, kesehatan gigi, pelayanan KB bagi masyarakat pra-sejahtera, pemberian bantuan paket sembako, sosialisasi kesehatan, sosialisasi kesadaran bela negara, sosialisasi wawasan kebangsaan, sosialisasi narkoba, dan sosialisasi HIV/AIDS.Kegiatan diakhiri dengan  penyerahan bantuan secara simbolis.

Bantuan-bantuan diserahterimakan kepada perwakilan rehab RTLH oleh Paban VI Wiltasla Spotmar Kasal, Bupati Cilacap, dan Ketua DPRD Cilacap. Termasuk juga rehab TPI, Posyandu, dan masjid. Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cenderamata dari Aspotmar Kasal kepada Bupati Cilacap, dari Danlanal kepada Camat Cilacap Selatan, Lurah Tegalkamulyan dan Lurah Cilacap. Kemudian acara dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Karya Bhakti. (Rusmono)

Iklan