Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Gandeng Kick Andys Foudation, Polres Purworejo Serahkan Kaki Palsu ke Penyandang Disabilitas

Redaksi
Kamis, 06 September 2018, 19:04 WIB Last Updated 2018-09-06T12:04:16Z
Purworejo, harian7.com - Polres Purworejo dengan menggandeng  Kick Andys Foundation memberikan bantuan kaki palsu sebanyak 38 kepada penyandang disabilitas di Halaman Asrama Vanlar Polres Purworejo pada, Kamis (6/9/18) pagi.

Turut hadir dalam acara ini yang, Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah yang juga Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Daerah Jawa Tengah, Santi Chondro Kirono.

“Sebagai Ketua Bhayangkari, saya sangat mendukung kegiatan sosial ini. Hampir semua Polres di Jawa Tengah melakukan kegiatan pemberian kaki palsu ini,” kata Santi Chondro Kirono kepada media usai acara.

Kegiatan ini adalah upaya Kepolisian sebagai pelayan masyarakat. Kapolda memerintahkan kepada para Kapolres untuk selalu berkoordinasi dengan masing-masing Kapolsek. Agar Kapolsek mendata berapa jumlah warga tempatnya bertugas yang membutuhkan bantuan kaki palsu.

“Semoga dengan bantuan ini, bapak-bapak dan ibu-ibu bisa meningkatkan aktivitasnya,” ungkap Santi.

Santi juga menambahkan bahwa kegiatan ini masih akan berlanjut, jika memang masih ada yang membutuhkan, bisa mendaftar melalui Babinsa masing-masing atau ke Polsek.

Suasana haru nampak di wajah para anggota Kepolisian dan anggota Bhayangkari kala pemasangan kaki palsu secara simbolis kepada Mbah Tutur dan Mbah Sutiyah.

Usai dipasangkan kaki palsu oleh Istri Kapolda, Istri Kapolres dan Perwakilan Kick Andy Fondation, spontan Mbah Sutiyah berdiri. Dengan ceria, nenek yang sudah lemah pendengarannya ini langsung berjalan dan naik panggung.

Pemandangan ini sontak membuat beberapa hadirin meneteskan air mata. “Saya sangat senang, bisa memperoleh kaki palsu,” ujar Mbah Sutiyah yang sehari-harinya menggunakan kaki palsu dari bambu untuk bekerja.

Mbah Sartini, salah satu penerima bantuan juga mengaku senang akan mendapat kaki (palsu) baru. Untuk kegiatan sehari-hari, nenek warga Dusun Kluwuh, Kecamatan Kemiri ini rambatan tembok kadang ngesot. Kursi roda hanya dipakai untuk bepergian.

“Saya kena penyakit gula, sudah diamputasi sejak satu tahun lalu,” kata Mbah Sutiyah.

Pemberian kursi roda bagi para difabel ini selain dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) juga dalam upaya Polres Purworejo mempererat hubungan komunikasi dengan warga.

Salah satunya adalah program Among Wargo yang dicanangkan oleh Kapolres Purworejo, AKBP Teguh Tri Prasetya, bekerja sama dengan Kick Andy Foundation telah melaksanakan operasi bibir sumbing, operasi katarak dan pemberian kaki palsu.

Untuk pengukuran kaki palsu, tekah dilaksanakan pada tanggal 4 April 2018 lalu di aula Polres Kabupaten Purworejo. (Daniel)

Iklan