Iklan

Iklan

,

Iklan

Butuh Waktu Lama, Wujudkan ‘Puskesmas Yang Ramah Anak’

Redaksi
Kamis, 27 September 2018, 16:01 WIB Last Updated 2018-09-27T09:01:11Z
SALATIGA, harian7.com – Untuk mewujudkan seluruh Puskesmas di Kota Salatiga menjadi ‘Puskesmas Ramah Anak’, hal itu membutuhkan waktu yang tidak pendek dan tidak dapat secepat kilat. Bahkan, banyak kendala yang dihadapi, diantaranya indikator atau komponen penilaian untuk sebuah puskesmas agar dapat dikatakan layak terhadap anak. Demikian diungkapkan Siti Zuraidah, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga kepada wartawan, Kamis (27/9).

“Yang jelas, kita butuh waktu panjang untuk dapat mewujudkan seluruh puskesmas yang ada di Kota Salatiga menjadi puskesmas yang ramah terhadap anak. Selain itu, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam menggapai impian tersebut,” katanya.

Ditambahkan, bahwa dari 16 indikator itu, terdapat dua indikator yang butuh waktu cukup lama. Yaitu, puskesmas tersebut sebagai kawasan tanpa rokok. Dari hal ini, masih banyak masyarakat yang belum paham terkait aturan yang sebenarnya sudah diberlakukan di instansi kesehatan manapun. Selain itu, pada indikator ke 11, terkait dengan  pelayanan kesehatan anak dan ada lima cakupan.

“Diantaranya, cakupan air susu ibu (ASI) tinggi, peningkatan asupan gizi, layanan anak sakit HIV/AIDS, imunisasi dasar yang lengkap, serta layanan kesehatan reproduksi. Apabila lebih detail, yang membutuhkan waktu panjang atau lama untuk pemenuhannya adalah tersedianya layanan anak sakit HIV/AIDS. Belum semua puskesmas tersedia layanan tersebut,” tandasnya. (Heru)

Iklan