Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Bupati Gandeng Pakar UGM Dalam Tim Investigasi PLTU

Redaksi
Jumat, 07 September 2018, 09:38 WIB Last Updated 2018-09-07T05:48:10Z
Cilacap, Harian7.com - Buntut dari aksi damai yang dilakukan warga Dusun Winong, Desa Slarang Kesugihan, Cilacap, pada Senin, (27/08/2018) lalu, Bupati Cilacap akhirnya membentuk tim investigasi dampak pembangunan PLTU Karangkandri, Cilacap.

Dalam tim tersebut, Bupati Cilacap menggandeng pakar dari Universtias Gadjah Mada, demikian dikatakan Asisten  Ekonomi, Pembangunan dan Kesra Sekda Cilacap, Dian Setyabudi, Rabu (5/9) kemarin.

“SK (surat keputusan) tim investigasi wedang disiapkan bupati, dan kita akan menggandeng pakar dari UGM karena yang dipermasalahkan terkait air dan udara, maka kita menggandeng pakar yang berkaitan,” katanya.

Selain pakar, jelasnya kita juga akan melibatkan pemerintah, yakni dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Tim investigasi ini akan segera turun ke lapangan apabila SK sudah disahkan oleh bupati, dan diperkirakan akan dilakukan pada minggu depan atau dua minggu berikutnya.

“Kita nanti lakukan rapat persiapan, dan melakukan pengecekan di lapangan, untuk mengetahui kebenaran yang disampaikan oleh masyarakat. Apa betul adanya pembangunan PLTU, pasokan air menjadi kurang. Secara faktual saat ini juga dalam kondisi kering, dimana-mana kelangkaan air. Kalau memang itu terjadi di daerah Winong bisa diteliti. Apa betul air di sana kekeringan karena dampak dari pembangunan PLTU,” katanya.

Hal sama juga dilakukan terkait dengan pencemaran udara yang terjadi di sekitar warga. Hasilnya, kata dia nanti akan dibahas  bersama untuk menghasilkan jalan keluar.

“Bagaimana masyarakat yang kena dampak ini mendapatkan jalan keluar. Misalkan kekurangan air, maka PLTU kan punya CSR, misalnya menyalurkan PDAM, atau dibantu dengan  mesin bor dan dipasang toren, atau bagaimana,” pungkasnya. (Rusmono)

Iklan