Iklan

Iklan

,

Iklan

Warga Pakis Kidul Gelar Tirakatan Malam Agustusan

Redaksi
Jumat, 17 Agustus 2018, 12:36 WIB Last Updated 2018-08-17T05:36:40Z
MAGELANG, harian7.com - Guna memperingati jasa para pahlawan di saat hari ulang Tahun kemerdekaan RI yang ke 73 warga Dusun Pakis Kidul Desa/ Kecamatan Pakis Kabupaten Magelang pada (16/08/18) mengadakan selamatan dan tirakatan.

Segenap warga baik orang tua maupun anak anak berkumpul di jalan gang Dusun setempat dengan menggelar tikar dan mendirikan tratak lengkap dengan perlengkapan kenduri berupa nasi kuning dan Ingkung ayam.

Menurut keterangan Setyo Arjanggi ( 27 ) selaku ketua panitia menuturkan, digelarnya acara ini adalah bentuk rasa syukur atas kemerdekaan bagi semua rakyat Indonesia, " Tanpa perjuangan para pahlawan dengan darah dan keringat untuk merebut kemerdekaan ini tak mungkin kita merasakan kehidupan yang baik seperti ini," ungkapnya.

Selain itu digelar pula berbagai pentas seni seperti Diorama yang menceritakan perjuangan jendral Soedirman dan pentas seni lain seperti warok bocah, barongsai dan lainya.

Lanjut Anggi, " Acara sudah kami laksanakan sejak tanggal 10 Agustus 2018 kemarin dengan di adakanya berbagai perlombaan seperti tarik tambang, balap karung, estafet air dan kelereng serta murotal dan Adzan untuk kategori lomba bidang religi atau keagamaan," Jelasnya.

Salah satu warga Edi Mawardi, (45) sangat merasa bangga dengan kerukunan warga di Dusunya karena telah bersama sama melaksanakan kegiatan ini dengan penuh kerukunan. " Sistim pendanaan kami angkat secara gotong royong melalui patungan untuk mencukupi kebutuhan kepanitiaan seperti membeli hadiah, Tropy atau bingkisan maupun keperluan lainya." tuturnya.

Acara yang dimulai pukul 19-30 WIB diawali dengan prosesi selamatan dan Doa yang dipanjatkan selanjutnya digelar pementasan kesenian dan penyerahan hadiah bagi para pemenang, selanjutnya Tak lupa diadakan pemutaran film-film sejarah perjuangan dengan memasang layar tancap sehingga menambah betahnya warga untuk menghabiskan malam tirakatan ini dengan suguhan Kopi dan aneka Snack. ( Ady Prasetyo )

Iklan